Erupsi Tadi Sore, Ini Kabar Kondisi Terkini Gunung Semeru

Wilayah sekitarnya masih dihujani abu

Erupsi Tadi Sore, Ini Kabar Kondisi Terkini Gunung Semeru

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan awan panas pada Sabtu (4/12/2021). Berdasarkan beberapa gambar dan video yang beredar di media sosial, asap membubung tinggi dan membuat warga behamburan mencari tempat aman. 

Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru sebabkan awan tebal

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang membenarkan peristiwa peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru. Dari sejumlah grup relawan bencana, warga tampak berhamburan keluar rumah untuk menjauhi lokasi kejadian.

Kawasan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang juga gelap gulita, berkabut dan hujan. Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik, Wawan Hadi Siswoyo dalam laporannya mengatakan, aktivitas vulkanik terjadi pukul 15.00 WIB, Sabtu (4/12/2021).

"Terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi, di sertai awan panas gunung (APG)," kata Wawan, seperti dikutip dari IDNTimes.com.

Hingga saat ini, BPBD Lumajang masih mendata dampak kejadian, mengkaji jenis kebutuhan mendesak untuk warga.

"Saat ini pemantauan dan menyiagakan personil BPBD," tulisnya.

Sementara itu, dari laporan BMKG, terpantau sebaran abu vulkanik mengarah ke arah barat daya pada pukul 16.00 WIB.

Puncak Gunung Semeru masih tertutup kabut tebal

Berdasarkan beberapa potongan video yang beredar, awan panas guguran tampak membumbung tinggi dan membuat wilayah dekat dengan puncak gunung tampak gelap.

Petugas pos PPA Gunung Sawur Semeru, Yadi Yuliandi menjelaskan bahwa saat ini situasi di sekitar puncak Gunung Semeru masih tertutup kabut tebal. Pandangan juga sangat terbatas dan petugas terus berusaha memastikan status Gunung Semeru saat ini.

"Sejauh ini tidak ada suara-suara. Kami belum mengetahui pasti, karena bercampur banjir. Nanti akan kami informasikan kembali," kata Yadi.

Berdasarkan rilis dari BPBD Provinsi Jatim sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atas peristiwa tersebut. Wilayah yang terdampak adalah kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Upaya evakuasi lanhsung dilakukan oleh BPBD Lumajang guna menghindari jatuhnya korban jiwa. Masyarakat yang berada pada radius dekat dengan puncak gunung diminta untuk turun guna menghindari terjadinya guguran awan panas.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here