Dikecam Dunia, Ini Kronologi Penyerangan Israel ke Warga Palestina

Mereka diserang saat salat tarawih di Masjid Al-Aqsa

Dikecam Dunia, Ini Kronologi Penyerangan Israel ke Warga Palestina

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebanyak 200 orang warga Palestina dikabarkan terluka pasca insiden penyerangan yang dilakukan oleh tentara Israel kepada warga Palestina, Jumat, 7 Mei 2021 lalu. Penyerangan tersebut dilakukan di Masjid Al-Aqsa kepada warga Palestina yang diketahui sedang melaksanakan salat tarawih.

Karena hal ini, Israel mendapat kecaman dunia. Banyak pemimpin dunia yang mengutuk apa yang dilakukan Israel ini, salah satunya Presiden Turki Reccep Tayyib Erdogan.

Bagaimana penyerangan tersebut bisa terjadi? Berikut kronologinya.

1. Bermula dari bentrokan di awal Ramadan

Penyerangan Israel atas Palestina bermula sejak pertengahan April 2021 lalu, yakni pada 13 April 2021 atau awal Ramadan tahun ini. Memasuki bulan Ramadan, warga Palestina memiliki kebiasaan berkumpul dan bersantai di kawasan Gerbang Damaskus, Yerussalem. Yakni sebuah wilayah penghubung Palestina dan Suriah. Melihat kerumunan warga Palestina ini, Israel tidak menyukainya.

Melansir dari BBC, kelompok ultra-nasionalis Israel memasang barikade di Gerbang Damaskus dan meneriakkan kalimat "Matilah orang Arab". Karena provokasi itulah, bentrokan antar kelompok tak dapat terhindarkan.

2. Ada sekitar 100 orang terluka dan puluhan lainnya ditangkap

Bentrokan besar tak terhindarkan dan sempat membuat polisi Israel kewalahan. Bahkan, polisi sampai harus menyemprotkan gas air mata dan semprotan meriam air busuk untuk membubarkan bentrokan tersebut.

Melansir dari IDNTimes.com, Bulan Sabit Merah Palestina mencatat, setidaknya ada 100 orang warga Palestina yang terluka, serta 22 di antaranya membutuhkan penanganan medis yang seirus. Tidak hanya itu, ada sekitar 40 orang dari kedua belah pihak kelompok ditangkap oleh pihak berwajib.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here