8 Maret dinyatakan sebagai hari Perempuan Internasional. Bertepatan dengan hari istimewa tersebut, Google pun hari ini merilis Google Doodle untuk memperingatinya, dengan animasi tangan-tangan perempuan yang terangkat dan saling bergandengan. Animasi ini menyoroti peran-peran yang dilakukan oleh para perempuan pertama kalinya. Mulai dari membuka jalan dalam pendidikan, hak-hak sipil, sains, hingga seni.

"Video doodle memberi penghormatan kepada para pahlawan ini dengan menggambarkan tangan yang telah membuka pintu bagi perempuan selama beberapa generasi. Doodle hari ini merayakan para perempuan di seluruh dunia yang mengatasi rintangan waktu mereka untuk menciptakan warisan yang berkelanjutan," tulis Google dalam laman resmi doodle.

Dipelopori di Amerika serikat

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Google Doodle Sajikan Animasicanva.com/sunnyrabbit

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan di Amerika Serikat pada tahun 1909, sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika. Pada awal abad 20, perempuan menjadi lebih vokal dalam mengkampanyekan perubahan buntu dari penindasan, penderitaan dan ketidasetaraan yang mereka alami. Pada tahun 1908, sekelompok perempuan berbaris melalui jalan-jalan Kota New York untuk menuntut gaji yang lebih baik, jam kerja yang lebih pendek dan hak suara.

Tema berbeda setiap tahun

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Google Doodle Sajikan Animasicanva.com/sketchify

Perayaan tersebut pun berkembang secara global ke seluruh dunia dengan titik fokus yang berbeda setiap tahunnya. Di tahun 2021 ini, tema yang diusung adalah "Women in leadership: Achieving an equal future in a COVID-19 world" atau “Perempuan dalam Kepemimpinan: Mencapai Masa Depan yang Setara di Dunia COVID-19”.

Arti tema tersebut adalah; untuk merayakan upaya para perempuan luar biasa dan anak perempuan di seluruh dunia, dalam membentuk masa depan dan pemulihan yang lebih setara dari pandemi COVID-19 dan menyoroti kesenjangan yang tersisa. Demikian dikutip laman resmi UN Women.

Sang animator, Helene Leroux, mengatakan ia mendapat inspirasi dari neneknya sendiri. Sebagai seorang animator, Leroux mengaku menambahkan profesinya sendiri yang sering didominasi oleh lelaki.

"Tema ini sangat cocok dengan saya. Nenek buyut saya adalah seorang seniman yang luar biasa, tetapi dia tidak pernah benar-benar diizinkan untuk menggeluti bidang seni secara profesional. Saya akhirnya menjadi perempuan pertama di keluarga saya yang melanjutkan studi seni dan memiliki profesi menggambar," ucap Leroux dalam wawancara dengan tim Google.

Menampilkan permepuan-perempuan penggerak pertama di dunia

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Google Doodle Sajikan Animasigoogle doodle

Untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia, google doodle membuat video animasi, pengguna akan mendapati beberapa tangan perempuan yang dua di antaranya saling berpegangan. Gestur ini boleh jadi dapat dipahami sebagai salah satu bentuk kampanye perempuan yang saling mendukung satu sama lain.

Tak hanya itu, di bagian bawah kolom penelusuran Google juga menyertakan tautan khusus bertajuk "Celebrating International Women's Day". Ketika diklik, Google akan menampilkan beberapa informasi, salah penelusuran dengan kata kunci "perempuan pertama" yang memecahkan rekor daripada tahun-tahun sebelumnya salah satunya adalah Marie Curie.

Selamat Hari Perempuan Internasional, Bela! 

Baca Juga: Sosok Marie Thomas, Dokter Perempuan yang Muncul di Google Doodle

Baca Juga: Luar Biasa! Anak 7 Tahun Melamar Kerja di Google!

Baca Juga: Google Year In Search, 10 Hal yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2020