Pagar Pembatas JIS Roboh Saat Acara Peresmian, Ini Kronologi Kejadian

Baru saja diresmikan

Pagar Pembatas JIS Roboh Saat Acara Peresmian, Ini Kronologi Kejadian

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kabar gembira dan juga menggemparkan datang pada saat pembukaan dan peresmian stadion berstandar internasional di Jakarta. Pasalnya, pada (24/07/22)  saat acara peresmian Jakarta International Stadium (JIS), salah satu pagar pembatas yang ada di tribun penonton roboh. Stadion yang digadang akan jadi markas Persija ini siap menjadi kebanggaan warga Jakarta bahkan Indonesia.

Insiden robohnya pagar pembatas JIS terjadi sekitar pukul 17.42 WIB, hingga berita ini turun tidak adanya korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut. Begitu pula dengan besaran kerugian yang ditanggung PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai perusahaan milik Pemprov DKI Jakarta yang bertanggung jawab atas pembangunan JIS belum diketahui. Berikut Popbela rangkumkan kronologi jebolnya pagar pembatas stadion yang digadang-gadang merupakan stadion terbesar di Indonesia.

Kronologi pagar pembatas JIS roboh

Pagar Pembatas JIS Roboh Saat Acara Peresmian, Ini Kronologi Kejadian

Insiden bermula pada saat band Dewa 19 membawakan lagu "Kangen". Dewa 19 sendiri adalah salah satu band yang datang untuk memeriahkan acara grand launching Jakarta International Stadium. Pagar pembatas yang roboh terdapat di salah satu tribun sisi utara jelang pertandingan antara Persija dan Chonburi dimulai.

Antusias para penonton yang banyak di antaranya adalah pendukung klub Persija, membuat banyak penonton memilih duduk di pagar tersebut. Pagar putih dengan panjang sekitar 20 meter tersebut roboh akibat banyak penonton yang memilih untuk duduk di pagar tersebut.

The Jak Mania menjadi kambing hitam

Menurut video yang tersebar di media sosial, banyak di antaranya mengambinghitamkan para pendukung klub Persija penyebab jebolnya pagar pembatas tersebut. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. Anies mengatakan bahwa insiden ini terjadi karena tingginya semangat dan antusias Jakmania kala mendukung Persija dalam laga melawan Chonburi FC.

Namun, alih-alih menyalahkan Anies Baswedan menganggap kejadian tersebut adalah sebuah bentuk pembelajaran dan evaluasi dalam pembangunan stadion ini. Keterangan dari PT Jakpro akan segera melakukan evaluasi terkait adanya insiden tersebut.

“Mengenai pagar roboh, antusiasme dari The Jakmania sangat luar biasa. Kita bangga. Tentunya kami akan lihat dulu, kami akan evaluasi kekuatannya. Nanti kita follow up lagi," ujar Widi Amanasto Direktur Utama PT Jakpro.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here