Jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia semakin menunjukan kenaikan yang signifikan. Menurut pantauan Popbela di situs resmi covid19.go.id pada Selasa, (24/3/20) pukul 15.00 WIB, tercatat ada 579 kasus positif, 49 kasus kematian, dan 30 pasien pulih dari virus corona ini. Akibatnya, tenaga medis di rumah sakit pun menjadi kewalahan untuk menangani pasien yang datang setiap harinya.

Munculkan Terobosan Screening COVID-19 Online

Kabar Baik! Kini Screening COVID-19 Bisa Via Online, Begini CaranyaTheindependent.com

Kabar baiknya, kini muncul sebuah terobosan  baru dimana kamu bisa melakukan screening COVID-19 via online. Merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Good Doctor Technology Indonesia (GDTI), dan Grab Indonesia, screening online ini diharapkan dapat membantumu mengetahui kondisimu tubuhmu apakah telah terindikasi COVID-19 atau tidak. 

Jadi, kamu tidak perlu datang ke rumah sakit untuk melakukan screening offline lewat tenaga medis di rumah sakit rujukan pemerintah. Risiko terpapar COVID-19 pun jadi lebih kecil karena kamu tidak perlu bepergian keluar rumah, Bela! 

Bisa Diakses Melalui Smartphone

Kabar Baik! Kini Screening COVID-19 Bisa Via Online, Begini CaranyaDellchildrens.net

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, screening online ini akan mengurangi membludaknya masyarakat yang panik di rumah sakit untuk melakukan tes kesehatannya. 

"Melihat potensi penuhnya rumah sakit di berbagai daerah dalam waktu dekat, Kementerian pun menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan smartphone mereka dan mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah," ujar Oscar. 

Baca Juga: Status Darurat Virus Corona di Indonesia Ditetapkan Hingga 29 Mei 2020

Cara Melakukan Screening Online COVID-19

Kabar Baik! Kini Screening COVID-19 Bisa Via Online, Begini CaranyaCogniflereview.com

Lalu, bagaimana ya cara melakukan screening online COVID-19 ini? Mudah, kok!

Caranya, kamu bisa mengakses layanan GrabHealth. Nanti, kamu akan terhubung dengan para dokter dari Good Doctor dan akan bisa melakukan tanya jawab secara langsung via online dengan mereka. 

Nantinya, para dokter ini akan membantumu mengetahui apakah kamu sudah terindikasi virus corona dalam fase rendah, sedang, atau tinggi. Kamu pun akan direkomendasikan langkah-langkah apa yang harus dilakukan sesuai dengan arahan Kemenkes RI.  

Kamu juga bisa mendapatkan alat kesehatan gratis di Health Mall Good Doctor yang telah bekerja sama dengan lebih dari 800 apotek di Indonesia.

Itulah cara melakukan screening online COVID-19. Langsung coba, yuk!

Baca Juga :

Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor 
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona