Disebut "Kacung" dan Minta Bubar, Ini 7 Kronologi Kasus Jerinx dan IDI

Sebut tak ada niat untuk menyerang dan menghina IDI

Disebut "Kacung" dan Minta Bubar, Ini 7 Kronologi Kasus Jerinx dan IDI

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Drummer Superman is Dead (SID), Jerinx, akhirnya memenuhi panggilan kepolisian terkait ujaran kontroversialnya mengenai Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ia unggah di media sosial. Dalam pemeriksaan itu, Jerinx tetap bersikeras merasa dirinya tak bersalah. Meski begitu, Jerinx mengatakan bahwa dirinya sama sekali tak bermaksud menyerang atau menghina IDI dalam unggahannya.

Sebelumnya, Jerinx diketahui mengunggah sebuah tulisan yang menyebut IDI sebagai "kacung" dari World Health Organization (WHO). Ia juga menyerukan agar IDI dibubarkan saja pada awal Juni 2020 kemarin.  

Untuk mengetahui kronologi dari kasus ini, simak 7 kronologi perseteruan Jerinx dan IDI di bawah ini!

1. Menyebut IDI sebagai "kacung" WHO di media sosialnya

Disebut "Kacung" dan Minta Bubar, Ini 7 Kronologi Kasus Jerinx dan IDI

Kasus ini bermula dari tulisan kontroversial yang diunggah Jerinx di Instagram-nya pada 13 Juni 2020 lalu. Dalam unggahannya itu, Jerinx mengungkapkan kritikannya pada kebijakan rumah sakit untuk mewajibkan ibu yang ingin melahirkan untuk tes COVID-19 lebih dulu. Hal ini lantaran Jerinx meyakini bahwa hasil tes COVID-19 tidaklah akurat dan hanya membawa efek buruk secara mental pada si ibu hamil dan anaknya.  

"Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan Rumah sakit dengan seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan tes Covid-19. Sudah banyak bukti jika hasil tes sering ngawur kenapa dipaksakan? Kalau hasil tes-nya bikin stres dan menyebabkan kematian pada bayi/ibunya, siapa yang tanggung jawab," tulis Jerinx. 

Tulisan Jerinx ini kemudian memunculkan kontroversi karena menyebut IDI sebagai "kacung" (pesuruh, pelayan, jongos dalam istilah kasar) dari WHO.  

2. Minta IDI dibubarkan

Selain tulisan diatas, Jerinx juga menambahkan bahwa dirinya tidak akan berhenti menyerang IDI sebelum ia mendapatkan penjelasan atas kritikannya itu. Ia bahkan menyerukan agar IDI dibubarkan. 

"Bubarkan IDI! Saya gak akan menyerang kalian @ikatandokterindonesia sampai ada penjelasan perihal ini," ujarnya.  

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here