Ini Penjelasan Para Ahli Seputar Pencegahan Efektif Virus Corona

Efektifkah penggunaan masker dan hand sanitizer?

Ini Penjelasan Para Ahli Seputar Pencegahan Efektif Virus Corona

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Hari ini Indonesia digegerkan dengan pengumuman dari Presiden Joko Widodo, yang menyatakan adanya dua orang WNI positif terjangkit virus corona. Dua orang tersebut sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Meskipun sudah di rawat di rumah sakit, hal tersebut tetap membuat masyarakat panik.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus baru bernama virus corona. Kasus virus corona pertama berasal dari Wuhan, Tiongkok pada akhir Desember kemarin. Virus ini dapat membuat penderitanya mengalami gangguan pernapasan hingga terkena pneumonia akut.

Para Ahli Kesehatan Global telah berjuang untuk menghentikan penyebaran Covid-19 ini, termasuk beberapa hoax dan informasi palsu yang banyak menyebabkan kepanikan. Dengan ancaman wabah yang semakin meluas, dilansir dari BuzzFeed News ini pendapat dari Ahli Kesehatan Masyarakat untuk menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan tentang corona virus. Yuk, disimak, Bela!

Bisakah masker wajah melindungi kamu dari virus corona?

Ini Penjelasan Para Ahli Seputar Pencegahan Efektif Virus Corona

Setiap kali ada sebuah wabah penyakit pernapasan, satu hal yang dapat kamu lihat ialah ada lebih banyak orang menggunakan masker wajah. Dengan merebaknya kasus virus corona, penjualan masker wajah juga semakin meningkat. Permintaan yang tinggi, menyebabkan harga jual di pasaran juga naik.

Tapi benar nggak sih, kalau masker wajah dapat melindungi kita?

"Faktanya, masker wajah tidak akan melindungi atau menghindari kamu dari infeksi," kata Erin Sorrell, seorang Center for Global Health Science and Security member and assistant research professor in the Department of Microbiology and Immunology di Universitas Georgetown.

Menurut Sorrell, penggunaan masker tidak memiliki pengaruh apapun, karena virus itu sendiri sangat kecil sehingga bisa menembus masker kamu. Penggunaan masker akan sangat efektif bila digunakan untuk perawat, karena mereka memiliki kontak langsung dengan pasien penderita. Penggunaan masker untuk pekerja kesehatan juga mampu menghalangi virus-virus besar dari bersin dan batuk yang mengenai mulutnya.

Bisakah pembersih tangan mencegah kamu dari virus corona?

Meskipun belum terbukti bahwa pembersih tangan adalah salah satu cara yang baik untuk mencegah infeksi, setidaknya pembersih tangan dapat menjaga tangan kamu bersih sehingga mencegah penyebaran kuman. 

Menurut Stanley Perlman, seorang Professor of Microbiology and Immunology di Universitas Carver of Medicine, Universitas Iowa, sekaligus seorang peneliti lama virus corona, "Pembersih tangan memiliki agen di dalamnya yang dapat membunuh virus." 

Semua jenis produk kulit memang dapat meningkatkan alergi, tapi tenang saja, Bela. Menurutnya, virus corona tidak menginfeksi melalui kulit, melainkan menginfeksi saluran pernapasan. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here