Setelah ditetapkan menjadi buron, Youtuber Ferdian Paleka akhirnya tertangkap saat sedang bersama temannya, Aidil dan pamannya, Jamaludin. Sempat melarikan diri ke Palembang, sebelum akhirnya terpantau keluar dari pelabuhan Merak, tepatnya di Tol Jakarta-Merak. 

Sebelumnya, Ferdian Paleka menjadi viral akibat unggahan videonya di channel YouTube miliknya. Dalam video tersebut, sejumlah transpuan menjadi korban prank bantuan sembako yang berisikan sampah. Mirisnya, hal-hal nggak pantas yang dia lakukan bukan hanya itu, beberapa video seperti survei harga psk, sempat diunggahnya sebelum akhirnya sengaja dihapus atau di takedown oleh pihak YouTube. 

Lewat akun YouTube Paleka Present, lelaki asal Bandung itu juga mengunggah video prank survei harga PSK

Ferdian Paleka Ditangkap, Ini Deretan Konten yang Bikin Netizen GeramDok. Internet

Video yang diunggahnya tersebut menampilkan dirinya dan ketiga teman-temannya berada dalam satu mobil, berkeliling kota Bandung untuk menanyakan harga dari para pekerja malam. Hal kontroversial itu nggak hanya dia lakukan sekali, video lainnya yang juga bertema sama dia lakukan di kota yang berbeda yaitu Bogor. 

Hal yang bikin geramnya lagi, video tersebut dia unggah tanpa menyensor muka dari para korban-korbannya tersebut. Wah, apa yang dia pikirkan sebenarnya, ya?

Ferdian Paleka juga meuai kontroversi akibat video menyewa psk

Dalam video yang diunggahnya, dirinya menyewa seorang pekerja malam dan mengajaknya bermain gunting, batu, kertas. Dia yang kalah harus melakukan sebuah hal yang nggak senonoh untuk si pemenang. 

Video ini tentunya sangat melecehkan ya, Bela. Mengingat YouTube dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Ditambah lagi dalam video-videonya, Ferdian Paleka sering mengeluarkan kata-kata yang kasar. 

Video prank sembako sukses membuatnya dikecam netizen

Ferdian Paleka Ditangkap, Ini Deretan Konten yang Bikin Netizen GeramDok. Internet

Di tengah pandemi seperti ini, masih ada saja orang yang tega berlaku usil terhadap orang lain. Aksi prank Ferdian Paleka yang diunggahnya melalui YouTube, memperlihatkan dirinya dan beberapa temannya yang bersama-sama membagikan sembako berisi batu dan sampah untuk para transpuan. 

Seperti nggak punya rasa bersalah, setelah melakukan aksi tersebut Ferdian menjelaskan bahwa apa yang mereka lakukan ini justru dalam rangka membantu memberikan rasa jera kepada para transpuan di bulan Ramadan. Usai tindakan nggak manusiawinya itu, banyak warga Bandung dan petugas kepolisian yang mendatangi kediamannya. Sayangnya, dirinya sudah kabur terlebih dahulu pada saat itu.

Pelarian Ferdian Paleka akhirnya berakhir di Merak

Ferdian Paleka Ditangkap, Ini Deretan Konten yang Bikin Netizen GeramDok. internet

Polrestabes Bandung berhasil mengamankan para tersangka kasus prank tersebut. Ferdian Paleka dan Aidil menjadi tersangka terakhir yang tertangkap di Tol Jakarta-Merak, Jumat kemarin. Video penangkapannya pun tersebar di berbagai sosial media. 

Wah, semoga tertangkapnya Ferdian Paleka dan teman-teman menimbulkan efek jera bagi mereka yang berniat membuat konten tanpa berpikir panjang, ya. Yuk, saling memanusiakan manusia lain di tengah pandemi ini!