CMO Lazada: Pandemi Ubah Pola Belanja dari 'Wants' Jadi 'Need'

Kebanyakan yang dibeli adalah produk kebutuhan dasar

CMO Lazada: Pandemi Ubah Pola Belanja dari 'Wants' Jadi 'Need'

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Jika dirunut ke belakang lagi, kita sudah hidup 'berdampingan' dengan virus corona lebih dari empat bulan lamanya. Selama itu pula, banyak perubahan yang kita lakukan dan rasakan demi beradaptasi dengan kehidupan yang baru ini atau disebut new normal. Salah satu kebiasaan yang berubah selama wabah ini terjadi adalah berbelanja.

Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia, Monika Rudijono menilai terjadi perubahan kebiasaan konsumen dalam berbelanja di tengah pandemi COVID-19 ini. Hal ini disampaikan Monika dalam "Ngobrol Seru: New Normal, Bisnis Ritel Pasca Pandemik COVID-19" yang ditayangkan LIVE di YouTube IDN Times, Kamis (18/6).

"Dari segi barang-barang yang mereka (pembeli) beli terjadi pergeseran. Bergerak dari produk-produk yang sifatnya 'wants' ke produk-produk yang sifatnya 'needs'. Jadi going back to basic," kata Monika dalam paparannya.

1. Pergerakan dunia e-commerce di masa pandemi

CMO Lazada: Pandemi Ubah Pola Belanja dari 'Wants' Jadi 'Need'

Monika menyebutkan, selama masa pandemi terlihat ada pergerakan yang terjadi di dunia e-commerce. Termasuk minat masyarakat membeli barang yang sifatnya dekat dengan kebutuhan sehari-hari.

"Online shopping menjadi pilihan bagi customer saat ini. Terbukti dengan meningkatnya jumlah buyer di e-commerce kami di platform Lazada," kata Monika. Situasi seperti ini, menurut dia, masih terus bertahan hingga usai pandemi.

2. Barang yang paling diminati, mulai dari home care hingga alat berkebun

Monika juga menyebutkan jenis-jenis barang yang paling banyak di beli di Lazada selama masa pandemi COVID-19. Menurut dia, pembeli banyak lebih minat pada barang-barang keperluan rumah tangga, wellness termasuk alat-alat kesehatan, hingga perlengkapan masak. Lazada juga mendorong penjual-penjual yang berkaitan dengan bahan pangan untuk on board di Lazada.

"Yang mengejutkan menurut Monika adalah masifnya minat masyarakat memberi barang-barang yang berkaitan dengan aktivitas outdoor, berkebun atau gardening," kata dia. 

Monika menduga peningkatan minat terhadap aktivitas-aktivitas tersebut bisa jadi dipicu efek bosan imbas pemberlakuan imbauan untuk tetap di rumah saja selama lebih kurang tiga bulan terakhir.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here