Sekarang pasti Bela sudah merasakan ‘kan dampak yang dari menyebarnya virus COVID-19 ini? Takut sih boleh-boleh saja, tapi jangan terlalu ‘drama’ ya alias panik berlebihan. FYI nih Bela, menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Immune Deficiency Foundation, virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan serta mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Selain itu, orang dengan imunitas rendah juga berisiko tinggi terinfeksi virus corona lho Bela. 

Sekarang yang perlu Bela lakukan adalah meningkatkan daya imunitas tubuh dan menjaga kebersihan nih Bela. Sebab, hanya dengan cara ini Bela bisa mencegah penularan dari virus corona. Kali ini, Popbela bakal kasih info penting nih tentang 5 hal yang bisa dilakukan agar siap menghadapi virus tanpa panik. Are you ready Bela? Keep scrolling!

1. Bela bisa memulai dengan diet sehat

Cewek Nggak Lemah! Bisa Jaga Daya Imunitas Tubuh Pakai 5 Cara Ini Shutterstock/chomplearn

Eits, jangan salah paham dulu nih Bela, simak dulu ya penjelasannya. Jadi, yang perlu Bela lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Bela hanya perlu menerapkan pola makan yang sehat. Seperti mengonsumi sayuran hijau (paprika, brokoli, dan bayam), produk susu, buah kiwi, lemon dan jeruk, serta kacang-kacangan, seperti almond dan jambu mete, yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Perlu digarisbawahi, ada baiknya Bela menghindari dulu nih berbagai macam makanan setengah matang atau mentah. Diet seimbang yang perlu Bela perhatikan, terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum cukup air. Semua hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu Bela.

2. Mulai berolahraga dengan teratur ya dari sekarang

Cewek Nggak Lemah! Bisa Jaga Daya Imunitas Tubuh Pakai 5 Cara Ini Shutterstock/TORWAISTUDIO

Lewat olahraga, kamu dapat meningkatkan imunitas tubuh serta membuat tulang sehat dan kuat lho Bela. Berbagai jenis olahraga yang kamu lakukan dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara. Olahraga juga bisa membuat perubahan sel darah merah dan sel darah putih yang bisa melawan penyakit (WBC) ini bersirkulasi lebih cepat dan bisa mendeteksi penyakit lebih awal.

Kenaikan singkat suhu tubuh saat olahraga juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan membantu tubuh melawan infeksi dengan baik nih Bela. Dan yang nggak pentingnya, olahraga bisa memicu pelepasan hormon stres. Gimana Bela, masih malas berolahraga? Mulai dari sekarang yuk!

3. Yuk rajin cuci tangan juga Bela

Cewek Nggak Lemah! Bisa Jaga Daya Imunitas Tubuh Pakai 5 Cara Ini Popbela.com/Halodoc

Kamu pastinya tahu ya Bela bahwa tangan bisa menjadi ‘sarang’ virus. Nah, penting banget nih buat Bela untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Karena tangan merupakan media transfer yang paling berpotensi masuknya virus ke dalam tubuh. Lalu, Bela juga harus rutin dan rajin untuk cuci tangan dengan benar. Dan biasakan untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air bersih dan sabun atau cairan berbasis alkohol ya.

Popbela juga menyarankan untuk Bela tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan pastikan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain jika terpaksa harus keluar rumah. Dan kalau Bela mengalami gejala seperti batuk atau bersin biasakan untuk menutup mulut dan hidung. Setelah itu, buang tisu bekas batuk atau bersin ke tempat sampah ya. Ingat untuk selalu gunakan masker apabila sakit untuk melindungi orang-orang di sekitar kamu ya Bela. Stay healthy ya! 

4. Langsung cek ke dokter ya jika muncul gejala

Cewek Nggak Lemah! Bisa Jaga Daya Imunitas Tubuh Pakai 5 Cara Ini Shutterstock/aslysun

Jika Bela sedang mengalami kondisi dengan gejala, seperti demam, batuk, serta kesulitan untuk bernafas, Bela wajib memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat ya. Selalu waspada yang aware dengan rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah Indonesia. Bela juga disarankan untuk melakukan panggilan telepon terlebih dahulu untuk mencari tahu informasi lengkap terkait rumah sakit yang dituju. Eits selalu ingat, jangan panik ya! Segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik lho!

5. Bela bisa mengonsumsi vitamin C juga lho

Cewek Nggak Lemah! Bisa Jaga Daya Imunitas Tubuh Pakai 5 Cara Ini Shutterstock/Makistock

Bela harus tahu nih, jika Bela memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat itu dapat mengurangi resiko terinfeksi virus dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh juga bisa membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh virus juga mempercepat proses pemulihan setelah infeksi. Tapi ingat Bela, setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti usia, kebiasaan makan, dan gaya hidup nih Bela.

Bela bisa rutin mengonsumsi vitamin C sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Nah, Bela nggak perlu bingung untuk membeli suplemen vitamin C ketika sedang social distance seperti sekarang ini, karena Bela bisa membelinya melalui Halodoc. Bela nggak perlu keluar rumah, semua kebutuhan suplemen kamu bisa diantar langsung ke tempat tujuan lho. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Gimana Bela, nggak usah panik ya menghadapi ancaman virus ini, yang penting Bela tetap jaga kesehatan selalu!