Hingga saat ini, DKI Jakarta masih menempati posisi tertinggi sebagai provinsi dengan kasus positif corona terbanyak di Indonesia. Mobilitas yang tinggi, serta banyaknya penduduk yang ada di sana, menjadi salah satu alasan mengapa kasus COVID-19 banyak ditemukan di Jakarta.

Namun, nggak semua wilayah memiliki angka kasus positif corona yang sama. Dari 261 kelurahan, ada 7 kelurahan dengan kasus tertinggi. Di mana saja?

1. Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat (19 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat kembali menjadi yang tertinggi di Jakarta dengan total 19 kasus. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di Kecamatan Kalideres yang memiliki lima kelurahan. Walau hanya lima, jumlah kasus positif di kecamatan ini menjadi salah satu yang terbanyak di Jakarta dengan 34 kasus.

2. Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (17 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Terdapat 17 kasus positif di Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Senayan tergabung dalam Kecamatan Kebayoran Baru yang memiliki 10 kelurahan yakni Cipete Utara, Gandaria Utara, Gunung, Kramat Pela, Melawai, Petogogan, Pulo, Rawa Barat, Selong, dan juga Senayan.

Dari 10 kelurahan, hanya Cipete Utara yang belum memiliki kasus positif. Sedangkan total kasus positif yang ada di kecamatan tersebut mencapai 31 kasus.

3. Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara (15 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara masih menjadi salah satu yang terbanyak di Jakarta. Dengan total 15 kasus, kelurahan tersebut sekaligus menjadi wilayah dengan total kasus terbanyak di Jakarta Utara yang memiliki 58 kasus.

4. Kebon Jeruk, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (14 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sebanyak 14 kasus positif yang ada di Kebon Jeruk membuat kelurahan ini menjadi yang terbanyak di Kecamatan Kebon Jeruk. Di Kecamatan ini terdapat enam kelurahan lain selain Kebon Jeruk dengan total kasus mencapai 37.

5. Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (13 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Terdapat 13 kasus positif virus corona di Kelurahan Tomang. Kelurahan ini tergabung bersama Grogol, Jelambar, Jelambar Baru, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Tomang, dan Wijaya Kusuma dalam Kecamatan Grogol Petamburan. Total terdapat 26 kasus positif yang dimiliki kecamatan ini.

6. Kelurahan Pondok Pinang, Duren Sawit, dan Kalideres (11 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Terdapat tiga kelurahan yang memiliki jumlah 11 kasus di Jakarta, yakni Kelurahan Pondok Pinang di Jakarta Selatan, Kelurahan Duren Sawit dan Kalideres di Jakarta Barat. Ketiganya juga menjadi kelurahan dengan kasus terbanyak di masing-masing kecamatan.

7. Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan (10 kasus)

7 Kelurahan di Jakarta ini Memiliki Kasus Corona TertinggiIlustrasi (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sebanyak 10 kasus positif yang ada di Cilandak Barat membuat kelurahan ini menjadi yang terbanyak di Kecamatan Cilandak. Di Kecamatan Cilandak hanya Kelurahan Gandaria Selatan saja yang belum memiliki kasus positif virus corona.

Sementara, Kelurahan lain yakni Cipete Selatan, Lebak Bulus, dan Pondok Labu jika digabung maka akan memiliki 11 kasus.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "7 Kelurahan dengan Kasus Positif COVID-19 Tertinggi di Jakarta"

Baca Juga: 10 Ilustrasi Mengharukan Profesi di Garda Terdepan yang Melawan Corona

Baca Juga: Tak Terduga, Ini 7 Cara Penularan Virus Corona

Baca Juga: Peneliti Prediksi Corona Bisa Sampai September Jika Warga tak Disiplin