Jaringan Koalisi 18+ Desak KPI Turunkan Semua Episode Suara Hati Istri

Sinetron Zahra dinilai kampanyekan perkawinan anak

Jaringan Koalisi 18+ Desak KPI Turunkan Semua Episode Suara Hati Istri

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Polemik sinetron Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar dianggap publik mempromosikan poligami dan kekerasan seksual terhadap anak terus menuai protes. Terlebih, karakter istri ketiga Zahra diperankan oleh artis yang baru berusia 15 tahun.

Masyarakat yang tergabung dalam gerakan pencegahan perkawinan anak jaringan Koalisi 18+ pun mendesakkan Komisi Penyiaran Indonesia dan Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk menurunkan seluruh episode tayangan sinetron tersebut.

"Program sinetron ini terkesan ingin memberikan kesan pada publik bahwa perkawinan anak sah saja dilakukan, termasuk menjadi pelaku poligami dan kekerasan seksual terhadap anak yang semakin mempopulerkan para pelaku," ujar Jaringan Koalisi 18+ dalam siaran tertulis, seperti dilansir dari IDNTimes, Kamis (3/6/2021).

1. Tontonan yang ditampilkan seharusnya bisa mendidik

Jaringan Koalisi 18+ Desak KPI Turunkan Semua Episode Suara Hati Istri

Jaringan Koalisi 18+ menyayangkan, sebagai salah satu tontonan masyarakat yang di gemari khususnya kelompok perempuan dan anak, seharusnya konten yang ditampilkan memberi pesan pendidikan bahaya perkawinan anak serta kekerasan seksual terhadap anak.

"Tontonan yang ditampilkan seharusnya bisa mendidik dan tontonan yang imajinatif. Bukan malah sebaliknya, kasus perkawinan anak, kasus poligami dan kasus kekerasan seksual terhadap anak dianggap sebagai tontonan yang mendidik dalam acara tersebut," tegas Jaringan Koalisi 18+.

2. KemenPPA harus bertindak tegas

Selain menurunkan semua episode, Jaringan Koalisi 18+ meminta Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan tindakan tegas untuk menyuarakan serta memberikan rekomendasi kuat untuk menarik tayangan sinetron karena mempromosikan perkawinan usia anak.

Mereka juga meminta Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) mengevaluasi secara menyeluruh program sinetron dan melakukan proses seleksi scene.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here