Menjadi content creator saat ini jadi incaran banyak orang terutama generasi millennial. Apalagi keberlangsungan profesi ini terbilang menjanjikan banget mengingat sekarang itu jamannya exist di media sosial. 

Jenis dan bentuk konten yang ada di internet juga sudah sangat beragam. Mulai dari yang aktif bikin video tutorial olahraga buat ngecilin perut, main game, podcast, hingga konten mukbang ASMR yang bikin kita sampai ngiler nontoninnya. 

Saking beragamnya, gak jarang kita malah stuck untuk bisa mulai membuat konten yang baru dan segar. Nah buat kamu yang tertarik menjadi content creator, Popbela sudah nyiapin tips supaya konten kamu nggak ngebosenin dan bisa menarik banyak penonton serta subscriber. Keep scrolling ya, Bela!

1. Mulai dari hal yang paling diminati dan tampil beda

Calon Content Creator Wajib Tau 5 Hal Ini, Auto Viral!Shutterstock/amasterphotographer

Sebenarnya kamu memiliki kebebasan untuk memilih jenis konten apapun. Tapi biar ngerjainnya makin semangat dan niat, kamu bisa lho memulai dari hal yang paling kamu suka atau kuasai. 

Misalnya Bela jago banget videografi, nah kamu bisa tuh bikin konten tutorial dasar cara membuat video komersial dengan memanfaatkan peralatan yang sederhana untuk penonton kamu.

Konten bisa saja mirip sebelas dua belas dari content creator yang lain, tetapi dengan mengangkat kepribadian kamu yang khas juga bisa bikin konten Bela jadi menarik perhatian khalayak lho. 

Selain itu, Bela juga perlu mempertimbangkan bagaimana caranya mengemas ide konten yang menarik dan beda. Karena kalau Bela membuat sesuatu yang sama seperti yang lain, maka tidak ada yang spesial dari konten kamu.

2. Pelajari dulu target audiens

Calon Content Creator Wajib Tau 5 Hal Ini, Auto Viral!Shutterstock/quinky

Selain tampil beda dan percaya diri, Bela juga harus memahami terlebih dahulu siapa target yang disasar dari konten kamu. Sebagai content creator, Bela bakal bekerja sesuai dengan apa yang sedang booming di masyarakat.

Jadi, mengenali karakteristik audiens mulai dari usia, lokasi, pekerjaan, hingga gender itu penting banget karena bisa membantu Bela dalam merancang konten yang sesuai. 

Selain itu, pemilihan platform media sosial yang tepat sasaran juga perlu pertimbangan matang agar analisa Bela terkait pasar bisa maksimal. 

Bela perlu menyadari juga bahwa bekerja sebagai pembuat konten perlahan membuatmu takluk dengan keinginan dan kebutuhan audiens. Tapi bisa saja dari situ Bela menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru.

3. Jangan sampai kudet!

Calon Content Creator Wajib Tau 5 Hal Ini, Auto Viral!

Usahakanlah untuk selalu update dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai segala macam hal yang terjadi di dalam industri. 

Misalnya, Bela adalah seorang content creator di bidang teknologi, maka pastikanlah kamu mengikuti info terbaru mengenai rilisan smartphone terbaru

Selain itu, Bela juga jangan sampai ketinggalan satu hal pun yang sedang viral agar konten yang kamu buat nantinya tetap selalu baru serta bisa mengikuti tren yang ada.

Bela bisa sering browsing portal berita atau mengatur RSS feed supaya berita terus ter-update. Apa yang sedang tren bisa jadi materi bagus untuk konten kamu, sekaligus menarik lebih banyak audiens.

4. Utamakan kualitas dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G

Calon Content Creator Wajib Tau 5 Hal Ini, Auto Viral!Dok. Samsung

Nah buat Bela yang tertarik jadi content creator berusahalah agar selalu berkarya dengan kualitas konten yang bagus. Dengan begitu nama kamu bakal semakin dikenal karena konten yang memberikan value

Untuk memulai, kamu gak perlu peralatan lengkap yang kompleks kok. Cukup berbekal sebuah smartphone, Bela bisa membuat dan mengunggah konten kapanpun dan dimanapun. Terlebih dengan seri terbaru Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Smartphone ini memberikan kualitas low-light image yang super epik! Jadi, saat kamu membuat konten pada suasana yang minim cahaya, nggak perlu khawatir. Hasil foto atau videonya masih sangat detail dan minim noise

White balance-nya pun terlihat sangat akurat dan color saturation-nya sungguh on-point! Eits, itu semua berlaku di setiap lensanya yang Ultra Wide, Wide, dan Dual Tele-Lens. Udah pasti bikin konten akan selalu nyaman sih!

Calon Content Creator Wajib Tau 5 Hal Ini, Auto Viral!Dok. Samsung

Selain itu fitur authentic portraits-nya juga game changing dalam pembuatan konten. Kamu bisa menghasilkan sebuah foto yang bokeh dan terlihat profesional dengan OneUI 3.1 version Samsung. Samsung Galaxy S21 Series 5G ini bisa mendeteksi objek foto dan memfokuskannya dengan mudah. Semua hal terlihat sangat detail dan smooth. Dengan begini kamu bisa banget buat konten di mana saja dan kapan saja tanpa gangguan. 

Ingin buat konten masterpiece cuma pakai smartphone? Bisa banget, kamu bisa mendapatkannya dengan harga:

  • Galaxy S21 5G mulai dari Rp12.999.000,-
  • Galaxy S21+ 5G mulai dari Rp15.999.000,-
  • Galaxy S21 Ultra 5G mulai dari Rp18.999.000,-

Set reminder kamu ya, Bela, mulai tanggal 29 Januari - 14 Februari 2021, Samsung akan menyelenggarakan online Consumer Launch Galaxy S21+ 5G dan Galaxy S21 Ultra 5G di Samsung E-Store, Lazada, Eraspace, Shopee, Tokopedia, dan JD ID. Eits, ada diskonnya juga nanti. Coba cek deh di sini!

5. Konsisten

Calon Content Creator Wajib Tau 5 Hal Ini, Auto Viral!Shutterstock/Mohd KhairilX

Di satu sisi, konsistensi juga jadi tantangan terberat bagi pembuat konten. Karena kerjanya sendiri, kadang seorang content creator itu suka mager dalam memproduksi konten. Nah, kalau kamu beneran niat mau jadi profesional, konsistensinya harus lebih ditingkatkan. 

Tips yang bisa Bela lakukan agar tetap konsisten dalam pembuatan konten di antaranya seperti, membuat timeline dan naskah konten, menjalin hubungan baik dengan audiens, atau bisa juga dengan cara berdiskusi secara langsung untuk menambah wawasan.

Jadi, bagi Bela yang saat ini sedang merintis karir di bidang content creator pastikan untuk selalu konsisten dalam proses pembuatan konten ya. Jangan sampai hanya semangat di awal-awal kemudian kendor di pertengahan jalan. (CSC)

Baca Juga: Ngobrol Seru Bareng Edho Zell Soal Profesi Konten Kreator