Sundance Film Festival: Asia 2021 yang diselenggarakan atas kolaborasi antara Sundance Institute, IDN Media, dan XRM Media, dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara yang akan dilaksanakan di festival ini. Kompetisi tersebut disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai syarat dan kondisi kompetisi tersebut, yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Persyaratan umum peserta

Lomba Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021, Ini Syaratnya!The Moonstruck Drive-In in Houston (Dok. Sundance InstituteIman Mannie)

Untuk mengikuti Short Film Competition ini, sutradara film pendek yang diikutsertakan harus berusia 18 tahun atau lebih, sesuai dengan batas waktu pengajuan aplikasi. Jika film pendek tersebut memiliki lebih dari satu sutradara (maksimum 4 sutradara), semua sutradara juga diwajibkan berusia 18 tahun ke atas.

Diadakan khusus untuk talenta-talenta di dunia perfilman Indonesia, sutradara film harus merupakan seorang Warga Negara Indonesia yang tinggal baik di dalam maupun di luar negeri. Jika film pendek yang diikutsertakan memiliki lebih dari satu sutradara (maksimum 4 sutradara), semua sutradara juga harus merupakan Warga Negara Indonesia.

Pemenang kompetisi juga diharapkan bisa menghadiri acara-acara yang ditentukan oleh pihak penyelenggara, yang nantinya juga akan menjadi bagian dari rangkaian aktivitas di Sundance Film Festival: Asia. Acara tersebut termasuk, namun tidak terbatas pada: Awards Night, Panels, Q&A Session dari masing-masing pemutaran film. Untuk detail lainnya, penyelenggara akan memberikan pengumuman lebih lanjut, ya.

2. Proses produksi film dan genre

Lomba Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021, Ini Syaratnya!unsplash.com/Jakob Owens

Harus dicatat bahwa proses pengerjaan film harus sudah selesai pada atau setelah 1 Januari 2019, dengan durasi film yang berkisar antara 3 hingga 20 menit. Untuk film dengan dialog non-Inggris, wajib menambahkan teks atau subtitle Bahasa Inggris. Jika tidak, mereka harus melampirkan transkrip kepada Dewan Juri.

Lalu, bagaimana dengan ketentuan genrenya? Peserta bebas menentukan genre atau tema film yang ingin diikutsertakan, lho, asal bukan klip video musik dan video iklan komersial. Tidak ada aturan mengenai kapan film yang diperlombakan pertama kali ditayangkan untuk publik. Artinya, film pendek yang telah didistribusikan atau memenangkan hadiah dalam kontes lain, masih berhak untuk mengikuti kompetisi ini, kok.

3. Hadiah untuk pemenang

Lomba Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021, Ini Syaratnya!unsplash.com/Mick De Paola

Tak hanya berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori oleh Argo, film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang. Selain itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022, serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.

Dikurasi oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival, Joko Anwar, Short Film Competition ini tentu menjadi sebuah kesempatan emas bagi para insan dunia perfilman Indonesia untuk melangkah maju ke kancah global. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, silakan kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia, ya.