Berpotensi Terjadinya Tsunami, Gempa M 7,5 mengguncang NTT

Imbaua untuk masyarakat agar berhati-hati

Berpotensi Terjadinya Tsunami, Gempa M 7,5 mengguncang NTT

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 7,5, baru saja mengguncang wilayah Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 10.20 WITa. Lokasi gempa berada di 112 km barat laut Larantuka, NTT dengan kedalaman gempa yang berada di 12 km. Titik gempa berada di 7,59 Lintang Selatan (LS)-122,26 Bujur Timur (BT).

Potensi terjadinya tsunami

Berpotensi Terjadinya Tsunami, Gempa M 7,5 mengguncang NTT

Hingga saat ini belum adanya laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa. Namun, pasca gempa ini, ada empat wilayah yang berstatus menjadi waspada adanya potensi tsunami. 

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) telah mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah  Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat dan Maluku. 

BMKG juga telah mengeluarkan daftar daerah yang berpotensi tsunami dengan status siaga, yaitu: Selayar (Sulawesi Selatan), Pulau Ende (NTT), Flores Timur (NTT), Pulau Sikka (NTT), Sikka bagian Utara (NTT), Ende bagian Utara (NTT), Pulau Lembata (NTT), Flores Timur Pulau Adonara (NTT), Manggarai bagian Utara (NTT), Ngada bagian Utara (NTT), Lembata bagian Utara (NTT), Buton (Sulawesi Tenggara), Alor bagian Utara (NTT), Bombana (Sulawesi Tenggara).

Melansir dari IDN Times, kepanikan langsung terjadi di tengah masyarakat. Video dari akun instagram NGO Zakat kita Nurul Hayat, menggambarkan kerumunan masyarakat saat gempa terjadi di RSUD Bantaeng.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai jumlah korban jiwa ataupun seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. BMKG akan terus memberikan informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here