Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran? Selain momen saling memaafkan, makanan khas lebaran seperti opor dan ketupat selalu menjadi hal penting di hari raya.

Supaya momen hari raya kamu tahun ini berbeda dari biasanya, sesekali jodohkan ketupat dengan masakan lain yuk! Misalnya dengan lima kuliner khas Asia berikut ini.

1. Tom Kha Gai

Nggak Cuma Opor, 5 Kuliner Asia Ini Cocok Dimakan Bareng Ketupatloveandoliveoil.com

Berkuah santan, tom kha gai hampir serupa dengan opor ayam. Namun, ayam yang diolah menjadi tom kha gai berupa daging utuh tanpa tulang dan kulit.

Dilengkapi pula dengan potongan jamur, tom kha gai dimasak menggunakan bumbu rempah dengan tambahan pasta kari. Supaya rasa serta aromanya makin sedap, tom kha gai dilengkapi dengan daun serai.

2. Mongolia Beef

Nggak Cuma Opor, 5 Kuliner Asia Ini Cocok Dimakan Bareng Ketupattiphero.com

Selain opor ayam, rendang juga sering meriahkan momen Lebaran di Indonesia. Masih dengan berbahan daging sapi, namun kali ini diolah menjadi kuliner ala Mongolia yaitu mongolian beef.

Mongolian beef terbuat dari daging sapi yang sebelumnya telah dipanggang, kemudian ditumis bersama bahan lain yang terdiri dari tepung maizena, kecap manis, kaldu sapi, dan bumbu.

Setelah matang, mongolia beef biasanya diberi taburan wijen putih supaya menambah cita rasa saat disantap.

3. Curried Goat

Nggak Cuma Opor, 5 Kuliner Asia Ini Cocok Dimakan Bareng Ketupatgracefoods.com

Ketupat tidak hanya cocok dijodohkan dengan daging ayam atau sapi saja, sebab curried goat atau kari daging kambing bisa pula dipilih untuk melengkapi legitnya ketupat saat hari raya tiba. Curried goat dimasak dengan kuah tapi tidak menggunakan santan dan racikan bumbu kari.

4. Chicken Adobo

Nggak Cuma Opor, 5 Kuliner Asia Ini Cocok Dimakan Bareng Ketupatworthypause.com

Selain diolah menjadi tom kha gai, kamu juga dapat mengolah daging ayam menjadi chicken adobo yang manis dan gurih. Pas disandingkan dengan potongan ketupat, chicken adobo dibuat dari potongan daging ayam yang dimasak dengan kecap asin, bawang putih, cuka, lada, dan daun salam. Sekilas mirip dengan semur ayam, chicken adobo memiliki rasa lebih gurih dan sedikit asam.

5. Bazella Riz Lahme

Nggak Cuma Opor, 5 Kuliner Asia Ini Cocok Dimakan Bareng Ketupatthespiceathome.com

Berbahan dasar daging sapi cincang, kuliner lezat asal Lebanon ini juga cocok disandingkan dengan ketupat. Meski warnanya merah menyala, bazella riz lahme tidak begitu pedas karena kuliner satu ini memiliki rasa pedas segar berasal dari lada.

Identik memiliki warna merah, bazella riz lahme terbuat dari pasta tomat dan kacang hijau yang dimasak bersama bumbu rempah.

Itu tadi lima kuliner Asia yang cocok dijodohkan dengan ketupat. Dari kuliner yang telah disebutkan tadi, tertarik mau bikin yang mana nih?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Kuliner Asia Ini Bisa Dijodohkan dengan Ketupat Saat Lebaran Tiba"

Baca Juga: 9 Kuliner Malang Nikmat yang Wajib Coba

Baca Juga: 10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat Mudik

Baca Juga: Lembut dan Lumer di Mulut, Ini Cara Membuat Kue Nastar