Makanan yang kamu makan setiap harinya akan ditampung di dalam perutmu, yang akhirnya diserap nutrisinya untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Nah, ketika kamu memakan sesuatu, tubuh butuh waktu untuk mencernanya. Jika kamu mengonsumsi makanan yang ringan, tubuhmu membutuhkan waktu sebentar dan begitu pun sebaliknya.

Ketika ingin tidur, kamu perlu untuk memperhatikan apa yang kamu makan. Salah-salah, bukan tidur nyenyak, yang ada kamu akan sakit perut atau ingin pergi ke belakang terus. Wah nggak pengen kan?

Untuk menghindari hal itu terjadi, inilah beberapa makanan yang perlu kamu hindari sebelum tidur.

1. Makanan Pedas

Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Inifreepik.com/ jcomp

Makanan pedas mungkin nggak akan menarik untuk sebagian orang, tetapi untuk pencinta pedas jangan ditanyakan lagi Bela. Hal yang kamu perhatikan adalah berhati-hati saat memakannya di malam hari. Rempah-rempah yang kuat sering membuatmu mulas dan mengganggu pencernaan. Justru keduanya akan membuat tidurmu nggak akan nyenyak.

2. Alkohol

Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Inifreepik.com/ bondarenko_rimma

Meminum segelas anggur merah sebelum tidur mungkin jadi kebiasaan sebagian orang. Meskipun alkohol dapat membantu beberapa orang untuk tertidur, penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya alkohol membuatmu susah tidur. Minuman alkohol membuatmu nggak nyenyak setiap malamnya dan bisa membuatmu terbangun dari tidurmu.

3. Kopi

Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Inifreepik.com/ powerup

Setiap orang memiliki takaran kafein yang berbeda. Di sebagian orang sah-sah saja untuk minum kopi beberapa gelas tanpa mengganggu tidurnya, tetapi di sebagian orang meminum sedikit saja bisa membuatnya terjaga di sepanjang malam. Kamu yang sensitif akan kafein, jangan minum kopi minimal enam jam sebelum kamu tidur.

4. Cokelat

Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Inifreepik.com/ freepik

Walaupun beranggapan dark chocolate sah-sah saja dimakan malam hari, faktanya adalah dark chocolate juga mengandung kafein. Cobalah untuk menikmati makanan ringan manis beberapa jam sebelum tidur. Karena makanan atau minuman yang mengandung kafein akan bertindak sebagai stimulan menghambat tidur nyenyak.

5. Soda

Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Inirawpexels.com/

Soda mengandung banyak gula dan kalori kosong. Ketika kamu meminumnya di malam hari dan langsung tidur, pencernaanmu akan melambat. Hal ini membuat tubuhmu menyimpan kalori yang lebih banyak. Nyatanya soda juga akan membuat perutmu kembung.

6. Jeruk

Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Inifreepik.com/ lifeforstock

Buah jeruk merupakan deuretik alami, yang artinya akan membuatmu mudah untuk buang air kecil. Nggak nyaman bukan saat nyenyak-nyenyaknya tertidur kamu ingin ke toilet? Dan jangan salah Bela, menahan kencing juga berakibat batu ginjal bagimu.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju