Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang berasal asli dari Indonesia. Protein nabati yang terkandung berasal dari kedelai pilihan yang difermentasi. Tempe nggak hanya menjadi makanan favorit di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Banyak orang luar yang mengatakan, rasa tempe sangat unik dan lain daripada yang lain. 

Bahkan, bagi para vegan, tempe adalah the "OG of fermented foods" atau makanan fermentasi paling orisinal dengan nutrisi terbaik. Kandungan nutrisinya membantu mencegah penyakit degeneratif, menurunkan kolesterol, hipertensi dan bahkan memperlambat proses penuaan.

Beruntungnya kita di Indonesia, harganya pun sangat ramah di kantong. Walaupun tergolong murah, tempe mempunyai beragam keunikan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Wah, apa saja, ya?

1. Dapat melangsingkan tubuh

Tempe, Makanan Fermentasi Terbaik Asal Indonesiafreepik.com/ backgroundy

Jika kamu sedang melakukan diet penurunan berat badan, tempe bisa menjadi salah satu alternatifnya. Tempe mangandung kalsium yang berfungsi memaksimalkan pembakaran lemak di tubuh daripada menyimpannya.

Bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, kamu nggak akan kehabisan ide dan merasa bosan dengan rasanya. 

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tempe, Makanan Fermentasi Terbaik Asal Indonesiafreepik.com/ chevanon

Nggak hanya enak dimakan saja, tetapi tempe mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan di kota Bogor, membuktikan bahwa tempe berhasil menurunkan LDL dan trigliserida pada orang yang sudah menopause.

3. Mencegah kanker payudara

Tempe, Makanan Fermentasi Terbaik Asal Indonesiafreepik.com/ freepik

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan di dunia. Apalagi kaum perempuan yang lebih berisiko mengalami kanker payudara. Akan tetapi jangan khawatir Bela, tempe juga berkhasiat mencegah kanker payudara.

Antioksidan phytoestrogen dan genestein juga berfungsi mencegah kanker prostat.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Tempe, Makanan Fermentasi Terbaik Asal Indonesiafreepik.com/ backgroundy

Kolesterol dapat menjangkit siapa saja. Tempe mengandung senyawa niacin yang membantu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh. Hal ini juga bisa dikatakan tempe adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

5. Menjaga jaringan otot

Tempe, Makanan Fermentasi Terbaik Asal Indonesiafreepik.com/ freepik

Tahukah kamu Bela, dalam 100 gram tempe atau dua potong tempe terkandung 19 gram protein yang dapat menjaga ototmu. Wah, bisa dibayangkan bukan, kamu bisa menjaga pola hidup sehat dengan nutrisi yang cukup, dengan tempe sebagai salah satu sumber protein dalam tubuh.

Bagaimana? siap meracik tempe untuk hidangan makanan pokokmu?

Baca Juga: Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Corona

Baca Juga: Lebih Hemat dengan Buat Sendiri Resep Tempe Tahu Penyet di Rumah

Baca Juga: 5 Resep Mengolah Tahu untuk Berbuka Puasa