Ice tray atau cetakan es, umumnya hanya kamu pakai untuk membuat es batu. Padahal, wadah ini bisa kamu pakai untuk beberapa bahan ataupun minuman yang nggak kalah serunya.

Selain menikmati minuman dengan sensasi dan cara baru, membekukan banyak minuman di cetakan es ini bisa memeriahkan sajian minuman atau camilanmu. Nah, inilah beberapa ice tray hack untuk kamu.

1. karamel

Nggak Hanya Es Batu, 6 Ice Tray Hack ini Segarkan Sajianmufreepik.com/azerbaijan_stocke

Cita rasa karamel memang mempunyai rasa manis dan gurih yang luar biasa. Jika kamu sering menggunakannya dalam berbagai campuran olahan makanan, kamu bisa membuatnya di hari sebelumnya.

Setelah kamu memanaskan gula, kamu dapat mencetaknya dalam cetakan es dari bahan silikon. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan caramel cubes ini sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Chocolate cubes

Nggak Hanya Es Batu, 6 Ice Tray Hack ini Segarkan Sajianmufreepik.com/ cheaprecipeblog

Untukmu pencinta cokelat, sepertinya membuat olahan chocolate cubes bisa menjadi ide yang menyenangkan. Isi cetakan es dari bahan silikon, dengan cokelat leleh favoritmu. Kamu pun bisa memasukkan stroberi atau buah lain yang kamu suka sebagai topping-nya.

Bekukan selama satu jam dalam kulkas, kemudian nikmati.

3. Berry cubes

Nggak Hanya Es Batu, 6 Ice Tray Hack ini Segarkan Sajianmuvecteezy.com/

Buah berry merupakan buah yang mempunyai cita rasa segar bercampur asam dan manis. Selain bisa dibuat smoothies, berry juga bisa kamu bekukan dalam cetakan es. Cukup potong-potong atau haluskan beberapa berry, kemudian masukkan ke cetakan es.

Nikmati berry cubes di minuman air putihmu, air lemon, atau soda.

4. Milk cubes

Nggak Hanya Es Batu, 6 Ice Tray Hack ini Segarkan Sajianmusimplegreensmoothies.com/

Siapa di sini yang pencinta kopi susu? Jika kamu ingin membuat es kopi susu yang berbeda, bisa mencoba cara ini, Bela. Ketimbang menyatukan susu dengan kopi secara langsung, justru gunakan susu yang sudah dibekukan sebagai es, sebagai pendamping kopi, agar mengurangi cairan yang akan membuat rasa kopimu malah berkurang, di tetesan terakhir.

Hal serupa juga bisa kamu lakukan untuk kopi. Jika kamu peminum alkohol, bisa membekukan alkohol cita rasa manis (seperti Kahlua atau Baileys), sebagai pendamping minuman es kopimu.

5. Bite-sized ice pop

Nggak Hanya Es Batu, 6 Ice Tray Hack ini Segarkan Sajianmufoodnetwork.ca

Untuk dessert, sajian jeli atau es buah beku dalam ukuran sekali makan, bisa juga menggunakan ice tray. Contohnya, memanfaatkan buah stroberi atau raspberry yang dihaluskan, lalu campurkan sedikit olahan jeli, kemudian bekukan dengan tusukan es yang sudah kamu sediakan. Gampang, ya!

6. Citrus cubes

Nggak Hanya Es Batu, 6 Ice Tray Hack ini Segarkan Sajianmuriich.me/

Satu lagi, kamu juga bisa membuat jus jeruk atau perasan jeruk lemon untuk dibekukan. Saat esok hari kamu ingin membuat mocktail atau campuran minuman lainnya, kamu hanya perlu menambahkan citrus cubes ini dalam gelasmu.

Sangat mudah dan praktis, ya, Bela. Mau sedang di rumah saja atau berkumpul dalam kelompok kecil, akan lebih menyenangkan, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Resep Minuman Kekinian a la Cafe yang Mudah Dibuat di Rumah

Baca Juga: Minuman yang Membuatmu Mudah Tertidur

Baca Juga: Resep Membuat Kue Brownies Kukus Cokelat Lumer