Gerakan #DiRumahAja membuatmu harus memasok bahan makanan yang tahan lama. Salah satu cara menyimpan makanan agar tahan lama yaitu dengan membekukannya.

Menyimpannya ke dalam freezer bisa memanjangkan umur makanan itu sendiri. Tetapi jangan salah Bela, nggak semua makanan bisa beku dengan baik, makanan dengan kadar air tinggi seperti mentimun, semangka dan jeruk nggak bisa dimasukkan ke dalam freezer.

Biar Nggak salah, inilah makanan yang bisa tahan lama dalam freezer.

1. Alpukat

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ user9294434

Alpukat bisa tahan lama saat berada dalam freezer. Cuci dan belah dua alpukat sebelum dikupas. Bekukan alpukat atau kamu bisa menghaluskannya dengan tambahan sedikit jeruk nipis atau lemon.

Alpukat beku cenderung menjadi lembek, oleh karena itu alpukat yang kamu simpan di freezer bisa digunakan saat sajiannya menjadi saus.

2. Daging asap

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ freepik

Untuk opsi makanan cepat saji, kamu bisa menaruh daging asap ke dalam freezer. Selain daging asap bisa diolah menjadi aneka jenis masakan yang beragam, kamu juga nggak perlu waktu lama untuk mendiamkannya di suhu ruangan.

3. Mentega

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ yuliyafurman

Siapa bilang mentega nggak bisa disimpan dalam freezer? Dengan membungkuskannya menggunakan aluminium foil, mentega akan lebih awet. Kamu juga bisa langsung memarut mentega beku ke roti tawar untuk membuat toast. Metode ini bisa melunakkan mentega dengan cepat.

4. Telur

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ freepik

Kamu bisa membekukan telur, tapi bukan dengan cangkangnya. Kocok telur dengan lembut, letakkan di wadah tertutup atau cetakan es batu dan simpanlah ke dalam freezer. Perlu diingat, bahwa putih telur yang dicairkan mungkin nggak menghasilkan busa yang banyak. Oleh karena itu, hindari menggunakannya untuk membuat kue.

5. Jahe

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ azerbaijan_stocke

Jahe bisa lebih lama jika kamu memasukkannya ke dalam freezer. Bungkus di dalam kantong kedap udara sebelum memasukkannya. Jika kamu membutuhkannya, parut sesuai kebutuhan. Atau kamu bisa membekukan jahe cincang atau yang sudah diiris.

6. Susu

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ freepik

Kamu bisa memasukkan susu ke dalam wadah ataupun di baki es batu. Nggak hanya susu biasa, kamupun juga bisa menyimpan susu almond di freezer, agar lebih tahan lama. Mudah, bukan?

7. Peterseli

Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAjafreepik.com/ valeria_aksakova

Jika kamu mempunyai potongan peterseli yang tersisa, jangan buang dahulu, Bela. Potong peterseli halus, kemudian letakkan di baki es batu dan tutup dengan air atau minyak zaitun. Setelah beku, kamu bisa memakainya sesuai kebutuhan. Bisa kamu masukkan ke dalam sayur, sop ataupun digunakan menjadi garnish. 

Baca Juga: 5 Alasan Kopi Baik Dikonsumsi Tiap Hari