Terkadang kamu merasakan perut begah dan nggak enak. Yup, ini mungkin kamu sedang mengalami asam lambung. Kejadian seperti ini bisa mengganggu aktivitasmu ketika di hari-hari produktif. Tapi nggak perlu khawatir Bela, ternyata kamu bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk mengurangi efek tidak nyaman dari asam lambung.

Inilah beberapa makanan yang bisa mengurangi asam lambung.

1. Pisang

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambungfreepik.com/ lifeforstock

Pisang mempunyai pH sekitar 5.6 yang bisa dikatakan cukup netral. Pisang yang matang bisa membantu mengurangi asam lambung. Tetapi pastikan pisang yang kamu makan benar-benar matang, ya!

2. Jahe

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambungfreepik.com/ azerbaijan_stocke

Jahe mengandung anti radang yang bisa mengobati masalah pencernaaan. Oleh karena itu jahe hangat bisa jadi obat untuk mengurasi asam lambung. Rasa hangat yang timbul akan membuatmu merasa nyaman di tenggorokan hingga ke perut.

3. Oatmeal

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambungfreepik.com/ freepik

Bahan makanan yang juga digunakan untuk mereka yang sedang berdiet ini memang rendah akan glukosa. Selain itu oatmeal juga bisa mengurangi kadar gula darah. Ternyata, fungsi oatmeal nggak hanya itu, bahan makanan ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol.

4. Sayuran hijau

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambungfreepik.com/ foodiesfeed

Sayuran hijau nggak mengandung gula dan lemak. Saat menderita asam lambung, coba konsumsi ragam sayuran hijau. Misalnya bayam, sawi, kangkung, atau daun singkong.

5. Apel

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambungfreepik.com/ jcomp

Buah apel mengandung kalsium, magnesium dan kalium. Beberapa zat tersebut bisa meredakan gejala asam lambung. Apalagi apel yang segar dan matang, baik untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai asupan vitamin bagi tubuhmu.

6. Daging tanpa lemak atau ikan

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambungfreepik.com/ jenylk

Selain mengandung protein hewani, daging tanpa lemak atau ikan sangat baik untuk lambung. Tetapi jangan dimakan menggunakan metode goreng atau dengan lemak berlebih ya, Bela. Salah pilih, malah akan membuat tubuhmu nggak sehat.

Baca Juga: 6 Rasa Baru Oreo yang Asik di 2020