Banyak makanan yang mempunyai nilai nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, beberapa dari makanan itu jika nggak dimasak dengan baik akan menimbulkan hal yang nggak sehat bahkan bisa beracun. Teknik memasak sangat berpengaruh dengan nilai nutrisi yang dikandung oleh makanan ya Bela.

Inilah beberapa daftar makanan sehat yang memerlukan teknik memasak yang ekstra hati-hati.

1. Daging, unggas dan makanan laut

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ andreonegin

Ketika kamu membakar daging, unggas atau makanan laut lainnya, suhu yang terlalu tinggi membuat protein dalam daging berubah menjadi bahaya karena ada kandungan karsinogen Untuk menyiasatinya, masaklah daging pada suhu yang rendah. Kandungan karsinogen berpotensi tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

2. Madu

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ freepik

Madu memang mempunyai sejuta manfaat bagi tubuh, tetapi setelah melalui beberapa proses pasteurisasi untuk menghilangkan racun. Tahukah kamu bela, jika madu yang nggak dipasteurisasi bisa sangat berbahaya bagi kesehatanmu seperti sakit kepala, muntah, bahkan kamu bisa keracunan.

3. Kentang

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ newfabrika

Jika kentang dibiarkan dalam kondisi yang buruk, seperti ruang basah atau terlalu panas di sinar matahari bisa berpotensi bahaya. Kentang akan berubah menjadi hijau dan tumbuh tunasnya. Jika kentang dalam kondisi seperti ini berarti kentang sudah mengandung racun yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, sakit perut dan muntah.

4. Kacang mete

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ mrsiraphol

Mengonsumsi kacang mete mentah bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu terutama jika kamu yang alergi terhadap poison ivy. Jika kamu menjumpai kacang mete di toko, ternyata itu nggak benar-benar mentah. Kacang mete dikukus untuk menghilangkan zat kimia yang disebut urushiol.

5. Almond

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ azerbaijan-stockers

Ada dua jenis almond, yang manis dan pahit. Almond pahit mengandung jumlah hydrogen sianida yang relative tinggi. Bahkan memakan 5 hingga 10 almond pahit mentah bisa menimbulkan masalah yang fatal.

Akan tetapi, almond pahit yang diproses dengan menar bisa dengan aman kamu konsumsi selama semua hydrogen sianida diekstraksi dalam proses pemurnian.

6. Roti tawar

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ freepik

Meskipun roti adalah makanan yang aman dikonsumsi secara teratur, beberapa jenis roti bisa membuatbaik jika dikonsumsi. Roti tawar yang dikemas mengandung tepung dan aditif yang diproses tinggi sehingga nggak sehat. Bahkan menkonsumsi terus menerus roti tawar bisa beresiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Roti gandum juga memiliki bahan pengawet, tambahan gula dan garam. Oleh karena itu kamu bisa mengonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian karena mudah dicerna dan mengandung banyak protein, serat, folat, vitamin C dan lainnya.

7. Susu

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ freepik

Dalam bentuk aslinya, susu merupakan campuran air, protein, gula, mineral dan vitamin. Meskipun susu menawarkan banyak manfaat bagi tubuh, masih ada beberapa resiko yang harus kamu waspadai. Terlalu banyak mengonsumsi susu dapat meningkatkan risiko aterosklerosis atau penyakit kardiovaskular.

Nggak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi kalsium dari susu dapat menyebabkan kanker ovarium dan kanker prostat.

8. Kerang

Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benarfreepik.com/ topntp26

Kerang sehat karena kaya akan protein, asam lemak omega-3, lemak baik dan mineral. Semua nutrisi ini memberi manfaat bagi tubuhmu, akan tetapi kerang menjadi salah satu makanan paling sulit untuk dimasak dengan benar. Jika dibiarkan kurang matang atau mentah, kerang dapat mengandung kontaminan yang berbahaya.

Selain itu kerang sensitif dan mudah rusak. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan teknik memasak kerang.

Baca Juga: Topping Popcorn yang Lebih Lezat dari Butter