Mashed potato, makanan berkabohidrat tinggi pengganti nasi ini memang enak disajikan dengan steak. Gurih, asin dan mengenyangkan. Akan terasa nikmat jika disajikan saat masih panas. Akan tetapi Bela, bagimu yang suka dengan makanan ini pernahkah kamu menjumpai mashed potato yang hambar dan berair? Terdengar nggak menggairahkan ya. Hal itu terjadi jika seseorang memasaknya tanpa menguasai dasar-dasar memasak mashed potato yang benar. Inilah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membuat mashed potato.

1. Menggunakan jenis kentang yang salah

Kesalahan yang Terjadi Saat Membuat Mashed Potatopexels.com/ Pixabay

Pilihlah kentang pati yang lebih tinggi untuk menumbuk dengan lembut dan halus. Kentang  berlemak memerlukan lebih banyak effort untuk menumbuknya agar halus sempurna. Jadi, jenis kentang mempengaruhi tekstur mashed potato-mu ya Bela.

2. Nggak memberi garam ke rebusan air

Kesalahan yang Terjadi Saat Membuat Mashed Potatopexels.com/ Pixabay

Saat kentang dimasak, butiran pati akan membengkak dan menyerap lebih banyak air. Jika kamu menambahkan garam, hal ini nggak akan terjadi. Kentang yang menyerap banyak air akan membuat kentang berair karena proses osmosis.

3. Masak dengan air dingin

Kesalahan yang Terjadi Saat Membuat Mashed Potatopexels.com/ Pixabay

Mulailah memasak dengan merendam seluruh permukaan kentang ke air dingin, tambahkan garam, kemudian rebus hingga mendidih. Jika kamu memulai memasak dengan air panas, kentang akan matang dengan nggak merata di dalam dan berair.

4. Keringkan kentang

Kesalahan yang Terjadi Saat Membuat Mashed Potatopexels.com/ Pixabay

Jika kamu mau, panaskan kembali kentang yang sudah dikeringkan di atas kompor untuk mengeringkannya sedikit sebelum ditumbuk. 

5. Mentega di suhu ruangan

Kesalahan yang Terjadi Saat Membuat Mashed Potatopexels.com/ Elle Hughes

Jika kamu menaruh mentega di kulkas, biarkan mentega sampai ke suhu ruangan sebelum dicampurkan ke kentang yang sudah ditumbuk. Kemudian beri susu hangat atau krim. Ini akan diserap lebih mudah dan nggak akan terasa dingin.

6. Nggak bisa tahan lama

Kesalahan yang Terjadi Saat Membuat Mashed Potatotasty.co/

Mashed potato merupakan salah satu makanan yang enak dinikmati saat panas. Jika membiarkannya lama atau menyimpan dalam kulkas, cita rasa yang dihasilkan pun berkurang. Kamu bisa menyimpan di magic com agar tetap hangat.

Baca Juga: Tim Dada atau Tim Paha? Ini Alasan Chrissy Teigen Benci Paha Ayam