Kentang tumbuk, atau mashed potato merupakan salah satu alternatif untuk sumber karbohidrat selain nasi. Dengan olahan yang pas, kamu dapat menikmati sajian yang lezat. Walau membuatnya cukup mudah, terkadang cara memasak yang salah bisa membuat rasa mashed potato sendiri langu, bahkan terlalu lembek.

Agar tidak terulang, ini kesalahan membuat mashed potato yang sering terjadi.

1. Lupa mencuci sebelum merebusnya

Kesalahan Saat Membuat Mashed Potatofreepik.com/ rawpexel

Hal yang sering terjadi adalah kamu lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Kentang yang belum bersih dan masih tercampur tanah, jika direbus akan diserap kembali oleh kentang tersebut. Hal ini membuat kentang yang nantinya akan kamu olah, menjadi mashed potato langu dan berbau tanah.

2. Merebusnya setelah air mendidih

Kesalahan Saat Membuat Mashed Potatofreepik.com/ dashtik

Jika kamu merebus kentang di air mendidih hal ini akan membuat kentang nggak matang secara sempurna. Apalagi makanan bertepung seperti kentang. Cara memasak yang benar adalah merendam kentang ke air seluruhnya di panci, tutup dan nyalakan kompor. Hal ini membuat kentang matang seluruhnya.

3. Kamu nggak menggunakan cukup mentega

Kesalahan Saat Membuat Mashed Potatofreepik.com/ detry

Untuk membuat rasanya lebih lembut dan lezat, kamu bisa memberinya sedikit mentega. Hal ini akan membuatnya semakin gurih. Terlebih di mashed potato yang akan kamu sajikan bersama dengan steak.

4. Nggak memberinya bumbu-bumbuan

Kesalahan Saat Membuat Mashed Potatofreepik.com/ sokor

Kentang akan lebih mudah ditumbuk ketika diberikan susu hangat. Hal yang akan lebih membuatnya sedap adalah menambahkan beberapa tangkai rosemary dan thyme ke dalam susu sebelum dipanaskan.

Nggak lupa, tambahkan satu sendok teh lada, untuk memberikan sensasi segar.

5. Nggak menggunakan alat penumbuk

Kesalahan Saat Membuat Mashed Potatofreepik.com/ jcomp

Jika kamu nggak mempunyai mashed tools, kamu bisa menggunakan ulekan untuk membuat mashed potato-mu. Tekstur kentang yang halus bisa membuatnya semakin lezat. Jangan menghaluskannya hanya menggunakan sendok karena akan membuatnya nggak rata.

6. Kamu membuang sisa kentangmu

Kesalahan Saat Membuat Mashed Potatofreepik.com/ dashu83

Jika kamu membuat mashed potato sesuai takaran, mungkin akan ada beberapa sisa tumbukan kentang. Hal ini bisa kamu olah menjadi beberapa jenis makanan lagi yang lezat, seperti donat kentang, waffle kentang, pancake kentang, kroket dan potato muffin. 

Baca Juga: Empuk dan Enak! Ini 3 Resep Donat Kentang yang Super Lembut