Makanan adalah kebutuhan dasar, tetapi berapa banyak yang kamu bayarkan untuk itu? Lebih tepatnya, berapa harga tertinggi yang pernah kamu bayar untuk makanan? Pernah nggak sih kamu membayar hingga ratusan juta hanya untuk satu porsi makanan?

Kemewahan memiliki banyak sisi, ada yang mementingkan membeli rumah mewah atau bahkan sudah punya rumah mewah tapi untuk urusan perut pun juga harus mewah? Tentunya ada pula lho makanan mewah dengan harga yang wah pula. 

Berikut adalah hidangan dan makanan paling mahal di dunia. Mereka pasti akan mengejutkan kamu.

1. Saffron

Seharga Apartemen, Ini 5 Makanan Termahal Tahun 2019imperialcaviar.co.uk

Bumbu adalah rempah yang ditambahkan ke hidangan untuk rasa yang lebih baik. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa dalam istilah kuliner, bumbu adalah zat tambahan yang mengubah rasa makanan. Satu pon saffron berharga sekitar $1.500 atau Rp21,2 juta. Saffron telah digunakan dalam memasak dalam kombinasi dengan tiga bahan: susu, ikan, dan nasi.

2. Tiram Coffin Bay

Seharga Apartemen, Ini 5 Makanan Termahal Tahun 2019weekendnotes.com

Di antara makanan laut, tiram dianggap sebagai indikator kemewahan. Tiram Coffin Bay sering disebut sebagai steak laut. Mereka tumbuh di peternakan tiram Australia Coffin Bay. Selain sangat sehat, mereka sangat mahal, karena satu tiram dapat berharga $100 atau seharga Rp1,41 juta.

3. Truffle Putih

Seharga Apartemen, Ini 5 Makanan Termahal Tahun 2019marxfoods.com

Diasumsikan bahwa harta tersembunyi di bawah tanah. Di sanalah kamu dapat menemukan truffle. Harga produk ini tergantung pada ukurannya, semakin besar beratnya, semakin tinggi harganya. Variasi yang paling berharga dari jamur ini adalah yang putih. Tumbuh hanya di Piedmont, Italia Utara. Truffle putih sangat mahal, dan harganya bisa setinggi $10 ribu per pon atau setara Rp141,3 juta. Truffle putih dulunya dianggap sebagai makanan terkaya di dunia. 

4. Iberico Ham

Seharga Apartemen, Ini 5 Makanan Termahal Tahun 2019tienda.com

Ham memang makanan biasa, tapi tidak untuk Iberico ham, ham yang paling mahal dari jenisnya. Rasa ham Spanyol tidak sebanding dengan yang lain. Seorang pembeli yang memilih Iberico ham harus tahu bahwa produk tersebut dibuat dari daging babi yang ditemukan di alam liar yang makanannya hanya terdiri dari tumbuh-tumbuhan alami dan biji-bijian. Ini menjelaskan mengapa harganya sangat mahal. Menurut Guinness World Records (per 20 Maret 2016), kaki ham termahal yang tersedia secara komersial adalah Iberia ‘Manchado de Jabugo’, dengan harga £3,192.76 atau seharga Rp55,6 juta.

5. Taco

Seharga Apartemen, Ini 5 Makanan Termahal Tahun 2019elfinanciero.com.mx

Banyak orang yang terbiasa berpikir bahwa junk food itu murah, tetapi tidak demikian halnya dengan taco ini. Taco ini seharga $25 ribu atau setara Rp353 juta. Ini adalah harga tepat untuk taco ini yang terbuat dari bahan makanan paling mahal, termasuk albino beluga caviar. Dibumbui dengan kelopak emas dan disajikan dengan minuman mewah, setiap penggemar makanan gila dapat mencobanya di Grand Velas Los Cabos.

Kira-kira di antara makanan mewah di atas, mana nih yang paling bikin kamu heran?

Baca Juga: 10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup