Beras organik memang berbeda dengan beras pada umumnya. Sebab, beras organik dibudidayakan dengan pengawasan lebih ketat dan tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.

Biasanya memilih beras organik hanya dilihat berdasarkan mereknya. Namun, sebenarnya beras organik dapat dibedakan berdasarkan rasa, aroma dan teksturnya. Nah, jika kamu ingin memilih beras organik sebagai makanan pokokmu, berikut jenis-jenis beras organik yang perlu kamu ketahui.

1. Batang Lembang

Lebih Sehat, Ini 5 Jenis Beras Organik yang Bisa Kamu PilihInstagram.com/loombungs

Jenis beras organik yang pertama adalah batang lembang. Jenis beras ini memiliki tekstur yang sangat pulen dan hampir mirip dengan beras Jepang. Selain enak dikonsumsi sebagai makanan pokok bersama lauk-pauk, beras yang berasal dari Sumatra ini juga cocok dijadikan sebagai bahan dasar sushi karena pulen dan mudah dibentuk.

2. Beras Hitam

Lebih Sehat, Ini 5 Jenis Beras Organik yang Bisa Kamu PilihUnsplash.com/Joanna Kosinska

Beras hitam memang belum sepopuler beras merah. Namun, manfaatnya jauh lebih banyak dibandingkan beras merah. Beras hitam memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, diabeter, mengatasi anemia, mencegah penyakit jantung dan baik untuk kesehatan organ dalam.

Meski awalnya berwarna hitam, beras ini akan memiliki warna keunguan ketika sudah makan. Tekstur nasinya pun akan sedikit lebih kering dibandingkan dengan beras putih.

Konon, beras hitam pada awalnya hanya boleh dimakan oleh keluarga kerajaan di Tiongkok. Sebab, beras hitam memerlukan perawatan yang cukup ekstra dan memiliki kandungan bermanfaat yang tinggi. Maka dari itu, hanya keluarga kerajaanlah yang boleh mengonsumsinya. 

Sekarang, beras hitam mudah ditemukan di supermarket atau e-commerce dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Mentik Wangi Susu

Lebih Sehat, Ini 5 Jenis Beras Organik yang Bisa Kamu PilihInstagram.com/jual_beras_organik_jakarta

Sesuai dengan namanya, jenis beras mentik wangi susu merupakan hasil kombinasi persilangan antara varietas mentik wangi dan mentik susu. Beras organik ini memiliki warna yang putih seperti susu dengan aroma wangi.

Saat kamu memasaknya, beras mentik wangi susu akan memiliki tekstur yang cukup lengket. Namun, lengketnya beras mentik wangi susu tidak selengket beras ketan, kok.

4. Beras Merah

Lebih Sehat, Ini 5 Jenis Beras Organik yang Bisa Kamu PilihUnsplash.com/Łukasz Rawa

Beras merah menjadi andalan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Sebab, beras merah memiliki kandungan glukosa yang lebih sedikit dibandingkan beras biasa. Itulah alasannya rasa dari beras merah lebih hambar.

Selain untuk diet, beras merah juga memiliki banyak manfaat. Misalnya, mampu menurunkan kolesterol, serta baik untuk kondisi jantung kamu.

5. Pandan Wangi

Lebih Sehat, Ini 5 Jenis Beras Organik yang Bisa Kamu PilihInstagram.com/tetanggahijau

Beras pandan wangi menjadi salah satu beras organik yang banyak ditemukan di warung atau minimarket. Berbeda dengan mentik wangi susu, beras pandan wangi memiliki wangi pandan yang khas.

Bukan hanya itu, beras pandan wangi memiliki warna yang sedikit bening dibandingkan dengan beras mentik wangi susu. Jika sudah matang, aroma pandannya menguar dan teksturnya pulen.

Itulah tadi jenis beras organik yang bisa kamu pilih sebagai makanan pokok yang lebih sehat. Bagaimana, tertarik mencoba yang mana, nih, Bela?

Baca Juga: 5 Manfaat Jamu Beras Kencur, Menjaga Stamina hingga Merawat Kulit

Baca Juga: 6 Makanan Berbahan Dasar Beras yang Selalu Ada Saat Lebaran

Baca Juga: Intip 7 Makanan Sehat yang Berasal dari Seluruh Dunia