Salmon merupakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral. Tentu salmon memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi.

Selain protein, vitamin dan mineral, salmon juga mengandung asal lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan sendi dan otak.

Namun, kamu harus tahu bahwa ikan salmon sebaiknya dikonsumsi atau dimasak dalam keadaan segar, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak berkurang.

Nah, bagaimana cara menyimpan salmon agar tahan lama sehingga bisa dikonsumsi dalam keadaan segar? Kali ini Popbela akan bagikan cara agar salmon tahan lama saat disimpan.

1. Rendam salmon dalam air garam

Cara Menyimpan Salmon Agar Tahan Lama, Jadi Hemat, nih!Unsplash.com/Jason Tuinstra

Cara pertama adalah dengan merendam salmon dalam air garam. Dengan cara ini salmon akan lebih panjang umur bahkan meningkatkan cita rasa yang dihasilkan oleh salmon.

Langkah yang kamu butuhkan adalah rendam salmon dalam larutan satu sendok garam dan satu cangkit air dingin selama satu menit. Dengan cara tersebut membuat otot di sisi luar ikan menjadi tidak terlalu kencang. Air garam ini juga membuat salmon lebih segar dan enak setelah dimasak.

Cara ini juga mencegah ikan salmon menjadi terlalu kering jika dimasak dengan lebih lama.

2. Simpan salmon di suhu yang tepat

Cara Menyimpan Salmon Agar Tahan Lama, Jadi Hemat, nih!Unsplash.com/Ca Creative

Cara berikutnya adalah simpan salmon di suhu yang tepat. Salmon dan segala jenis makanan laut sangat sensitif terhadap suhu. Jadi, menyimpan dengan suhu yang tidak tepat membuatnya jadi tidak segar dalam waktu yang cepat.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah setelah membeli salmon, sebaiknya simpan salmon sesegera mungkin ke dalam lemari es. Kamu bisa gunakan kantong plastik untuk membungkus salmon hingga rapat. Kamu perlu membuang udara yang ada di dalamnya sebanyak mungkin agar salmon tertutup rapat. Setelahnya salmon siap dimasukkan ke dalam lemari es.

Suhu yang tepat untuk menyimpan salmon adalah 0ºC. Akan lebih baik jika kamu meletakkan salmon di atas es batu agar suhunya lebih tepat.

3. Menyimpan salmon di kulkas

Cara Menyimpan Salmon Agar Tahan Lama, Jadi Hemat, nih!Unsplash.com/Food Photographer Phototastyfood

Tidak ada batasan waktu yang pasti terkait berapa lama salmon bisa disimpan dan bertahan di kulkas. Semua itu tergantung pada kualitas dan kesegaran salmon yang kalian beli.

Biasanya jika salmon dari supermarket hanya dapat disimpan 1-2 hari setelah pembelian. Hal itu dikarenakan proses pengiriman yang cukup lama dari asal ke pasar atau supermarket, biasanya memakan waktu 20-30 hari.

Namun, jika diproses di hari yang sama saat ditangkap tentu akan lebih lama yaitu sekitar 4-5 hari.

4. Menyimpan salmon di freezer

Cara Menyimpan Salmon Agar Tahan Lama, Jadi Hemat, nih!Unsplash.com/Food Photographer Phototastyfood

Jika di kulkas hanya bertahan sebentar, kamu bisa menyimpan dalam wakut yang lebih lama di freezer. Freezer bisa membuat ikan salmon bertahan hingga enam bulan.

Suhu yang baik untuk menyimpan salmon adalah -18°C. Namun sebelum dimasukkan ke dalam frezzer sebaiknya salmon dibilas, dikeringkan dan simasukkan ke dalam kantong tertutup tanpa udara. Hal ini membuat salmon akan tahan lama karena tidak akan cepat membusuk karena udara luar.

Itulah cara menyimpan ikan salmon agar lebih tahan lama. Salmon yang segar tentunya memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisinya pun bisa didapat dengan maksimal. Semoga bermanfaat, ya, Bela.

Baca Juga: Lagi Viral, Ternyata Ini Manfaat DNA Salmon untuk Kecantikan

Baca Juga: Tips Membuat Sushi di Rumah

Baca Juga: Menggiurkan, Sushi Groove Sajikan 40 Menu Baru Kuliner Khas Jepang