Makanan bisa menjadi musuh terburuk pekerja yang kerja di rumah. Berlebihan makan membuat kita mengantuk, namun kadang-kadang efisiensi bekerja dari rumah juga bisa menyebabkan orang lupa untuk makan. Supaya kamu tetap makan teratur tapi nggak berlebihan, kamu bisa cek tipsnya berikut ini, Bela.

1. Jadwalkan periode makan selama di rumah

5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFHUnsplash.com/Pablo Merchán Montes

Seorang ahli gizi yang sudah lama bekerja sebagai pekerja rumah bernama Wilma MacDonald mengatakan bahwa mengemil di sana-sini adalah kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh pekerja yang baru meraskan WFH. Wilma merekomendasikan mengatur hari kamu seperti hari kerja biasa, dengan istirahat makan siang, beberapa istirahat kecil dan fokus pada makanan yang paling penting, yaitu sarapan.

2. Usahakan jangan makan di meja kerja

5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFHpexels.com/cottonbro

Sangat mudah untuk berpikir sarapan atau makan siang di meja kerja dapat membantu mengakhiri hari lebih awal, tetapi itu sangat tidak dianjurkan. Selalu ada sesuatu yang lebih untuk dilakukan, dan fokus kamu akan berkurang tanpa adanya istirahat khusus. Itu sebabnya Wilma menyarankan untuk memakan semua makanan tidak di meja kerja.

3. Tetapkan batas kafein dan jangan lupakan air putih

5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFHPexels.com/Burst

Mereka yang baru mengenal gaya hidup bekerja dari rumah, sering tidak menyadari dengan banyaknya kopi yang mereka minum. Jika kamu membuat kopi itu sendiri, pasti kamu tidak ingin menyia-nyiakannya dan kamu akhirnya minum jauh lebih banyak dari yang pernah kamu lakukan di tempat kerja. Minum kopi boleh, tapi jangan terlalu berlebihan dan jangan lupa konsumsi air putih ya, agar selalu terhidrasi.

4. Siapkan camilan sehat

5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFHPexels.com/bulbfish

Kamu tidak ingin berlebihan dengan mengemil, tetapi kamu juga tidak ingin membuat diri kamu kelaparan. Itu sebabnya Wilma merekomendasikan camilan sehat sebagai teman bekerja. Kamu bisa menyediakan buah potong, sereal, atau granola.

5. Buat jurnal makanan

5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFHUnsplash.com/Charles Deluvio

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangatlah penting, Bela. Itu sebabnya Wilma merekomendasikan membuat jurnal makanan selama beberapa minggu kamu bekerja di rumah. Pantau asupanmu dan tambahkan beberapa makanan yang menurutmu penting agar gizi yang kamu makan selalu seimbang.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus

Baca Juga: Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 Kiatnya

Baca Juga: Lagi WFH? Yuk, Coba 3 Resep Nasi Goreng yang Siap Memanjakan Lidah