Temuan Badan Pengawas Makanan dan Minuman (BPOM) dari tahun 2006-2010 menunjukkan, sebanyak 48% jajanan anak di sekolah tidak memenuhi syarat keamanan pangan karena mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, boraks dan rhodamin.

Selain itu, jajanan tersebut mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) seperti siklamat dan benzoat yang melebihi batas aman, serta tercemar mikrobiologi. Temuan tersebut berdasarkan pengambilan sampel pangan jajanan anak sekolah yang dilakukan di 6 kota (Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya), ditemukan 72,08% positif mengandung zat berbahaya. 

Lalu bagaimana cara memilih jajanan sehat yang aman untuk keluarga? Berikut tips dan penjelasannya.

Ngemil memberikan kontribusi besar terhadap asupan gizi harian

Telur Gabus Kata Oma, Camilan Sehat dan Alami untuk KeluargaDok. Kata Oma

Jajan atau ngemil ternyata memberikan kontribusi yang besar terhadap total asupan gizi harian. Ngemil berkontribusi nyata terhadap pembentukan energi dan zat gizi, yaitu berkisar antara 10% sampai 25%.

Untuk anak-anak, ngemil merupakan proses perkenalan mereka dengan berbagai jenis makana. Namun, ketika jajanan atau camlan yang dikonsumsi mereka kurang memenuhi syarat keamanan, maka makanan tersebut dapat berbahaya. Maka dari itu, keluarga berperan penting dalam upaya memperkenalkan jenis camilan yang baik dan aman. Sebab, nantinya, hal ini akan berpengaruh terhadap kebiasaan dan pola makannya.

Kata Oma luncurkan camilan sehat berbahan alami

Telur Gabus Kata Oma, Camilan Sehat dan Alami untuk KeluargaDok. Kata Oma

Melihat latar belakang yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, Telur Gabus Kata Oma pun berinisiasi dengan meluncurkan sebuah kampanye yaitu #BenarBenarAsliAlami. Kampanye ini merupakan gerakan edukasi bagi para ibu untuk memilih camilan yang aman dan sehat bagi keluarga.

"Sebagai brand yang memiliki perhatian terhadap Ibu dan keluarga, Telur Gabus Kata Oma menganggap seorang ibu sebagai perekat dan penjaga kehangatan keluarga memiliki peran penting dalam memilih camilan yang aman serta terbaik bagi anak dan keluarga," ungkap Furiyanti, Founder Telur Gabus Kata Oma dalam rilis yang diterima Popbela.

Kampanye #BenarBenarAsliAlami bentuk komitmen Kata Oma untuk mendukung para ibu

Telur Gabus Kata Oma, Camilan Sehat dan Alami untuk KeluargaDok. Kata Oma

Kampanye #BenarBenarAsliAlami merupakan bentuk komitmen Telur Gabus Kata Oma untuk memberikan dukungan dan edukasi bagi para ibu yang menjalankan peran ganda sebagai istri dan ibu.

Bagi Telur Gabus Kata Oma, seorang ibu memiliki peranan penting dalam keluarga bahkan menjadi pembuat keputusan. Tak terkecuali keputusan memilih asupan pangan yang aman untuk anak dan keluarganya. Hal inilah yang menjadi alasan bagi Founder Kata Oma ketika membuat resep Telur Gabus Kata Oma.

"Kami percaya bahwa ibu adalah perekat dan penjaga kehangatan keluarga. Seorang Ibu akan memberikan yang terbaik bagi kebahagian keluarga," ungkap Isabel Yuliani Wijaya, Brand Manager Telur Gabus Kata Oma.

Lebih lanjut Yuli mengatakan, Telur Gabus Kata Oma memahami keterbatasan seorang ibu ketika mencari informasi yang valid seputar keluarga. Kecenderungan tersebut membuat Telur Gabus Kata Oma berinisiasi menciptakan sebuah platform berinteraksi secara nyaman dan aktual antar ibu terkait isu-isu terkini. Salah satu program yang berkaitan dengan kampanye #BenarBenarAsliAlami adalah Mammamia #HappyMomHappyFam. 

Mammamia merupakan sebuah program kolaborasi Kata Oma dan Komunitas Ibu se-Indonesia. Program tersebut berupa workshop/talkshow/webinar dengan tema seputar pangan aman dan alami, parenting, gaya hidup, entrepreneurship dan entertainment.

Program ini mengundang komunitas ibu dengan target umur 28 - 40 tahun (Millennial Mom) untuk mendaftar melalui Instagram Kata Oma dan setiap bulannya akan terpilih satu komunitas yang diakomodir secara gratis oleh Tim Kata Oma dalam penyelenggaraan program Mammamia. Program yang akan berjalan sepanjang tahun 2022 ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas solusi masalah-masalah ibu dan edukasi terkait camilan aman dan alami, sehingga para ibu semakin bijak mengambil keputusan untuk keluarganya.

Telur Gabus Kata Oma, Camilan Sehat dan Alami untuk KeluargaDok. Kata Oma

Jadi, Telur Gabus Kata Oma tidak hanya menyajikan camilan yang alami dan sehat untuk keluarga, nih, Bela. Tapi, lebih dari itu, Kata Oma juga membuat komunitas dan program yang mendukung ibu di Indonesia dalam memilih camilan yang sehat. 

Baca Juga: Serunya Bikin Sendiri, Ini 5 Resep Camilan untuk Rayakan Tahun Baru

Baca Juga: Waktunya Berkreasi, Ini Resep Martabak Rainbow untuk Camilan Natal

Baca Juga: Resep Camilan khas New Zealand yang Bikin Kamu Ketagihan