Di masa pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi prioritas utama. Asupan makanan menjadi hal yang sangat penting karena menyangkut kesehatan tubuh. Bahkan, makanan yang kita konsumsi seharusnya bisa menjadi penambah imun supaya nggak mudah sakit. Terlebih saat ini cuaca sedang sangat tidak bersahabat.

Buah menjadi pilihan tepat sebagai penambah daya tahan tubuh. Kandungan gizinya yang begitu kaya melindungi kita dari beragam penyakit. Nggak perlu buah yang mahal, empat buah yang mudah didapat dengan harga terjangkau ini punya banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja buah tersebut? Simak, yuk! 

1. Pisang Cavendish

Selain Lezat, 4 Buah yang Mudah Didapat Ini Juga Kaya Manfaat Lho!Unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Pisang cavendish menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat. Setiap 100 gram pisang memiliki banyak zat penting bagi tubuh, yakni vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, serat, hingga zat besi. Selain itu, pisang juga merupakan salah satu makanan kaya antioksidan yang menjaga tubuh kita dari radikal bebas.

2. Jambu Biji

Selain Lezat, 4 Buah yang Mudah Didapat Ini Juga Kaya Manfaat Lho!Pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Kalau kamu berpikir buah dengan kandungan vitamin C terbanyak adalah jeruk, mungkin kamu belum mencoba jambu biji. Tahukah kamu, kalau jambu biji atau yang juga disebut dengan jambu kristal mengandung 226,59 miligram vitamin C setiap 100 gramnya? Banyak juga, bukan?

3. Pepaya

Selain Lezat, 4 Buah yang Mudah Didapat Ini Juga Kaya Manfaat Lho!Unsplash.com/Amanda Lins

Kamu yang seringkali mengalami konstipasi atau sembelit, pepaya menjadi buah paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan serat, vitamin C, kalium, kalsium, dan zat besinya sangat berguna untuk kesehatan pencernaan tubuh. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi untuk kesehatan mata dan kulit.

4. Nanas

Selain Lezat, 4 Buah yang Mudah Didapat Ini Juga Kaya Manfaat Lho!Unsplash.com/Se Nuno

Dikenal sebagai Queen of Fruit, nanas juga memiliki banyak manfaat. Selain sebagai antioksidan, nanas juga memiliki kandungan anti inflamasi yang membuat proses penyembuhan dalam diri menjadi lebih cepat. Tak hanya itu, nanas juga sangat segar untuk dikonsumsi secara langsung atau pun diolah menjadi jus.

Meski empat jenis buah di atas mudah didapat dengan harga terjangkau, nyatanya masih banyak anak Indonesia yang kekurangan mikronutrien akibat kurangnya konsumsi buah-buahan. Padahal mikronutrien sangat bagus bagi anak-anak, terutama di masa pertumbuhan.

Selain Lezat, 4 Buah yang Mudah Didapat Ini Juga Kaya Manfaat Lho!Dok. Sunpride

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun berperan sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim berbagai metabolisme dalam tubuh, termasuk kerja sistem imun. Nutrien yang dimaksud dalam mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Salah satu sumber vitamin dan mineral yang alami adalah buah-buahan.

“Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan mikronutrien adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak. Bagi anak-anak, kekurangan mikronutrien dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, menurunkan fungsi kognitif dan menurunkan imunitas. Pada akhirnya anak menjadi rentan terhadap infeksi dan berdampak pada prestasi di sekolah,” ungkap Dokter Spesialis Gizi, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK, dalam webinar yang diselenggarakan pada Kamis (22/10) lalu.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018 yang dilakukan oleh UNICEF, 95,5% penduduk di atas usia 5 tahun masih kurang makan buah dan sayur. Terlebih disaat pandemi ini, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi, tidak bisa menyediakan buah-buahan bagi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

“Berangkat dari fakta tersebut dan sekaligus menyambut ulang tahun ke-25, Sunpride berinisiatif mengadakan program #SunprideBuatKebaikan yang tujuannya mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah setiap hari sekaligus ikut serta mendonasikan buah bagi mereka yang membutuhkan. Harapannya lebih banyak masyarakat yang mengonsumsi buah untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit,” ungkap Chief Executive Officer PT Sewu Segar Nusantara (SSN), Cindyanto Kristian.

Dalam kampanye #SunprideBuatKebaikan ini, setiap pembelian buah Sunpride apapun dan berapa pun selama periode 22 Oktober hingga 7 Desember 2020, kamu sudah berpartisipasi menyediakan buah bagi mereka yang membutuhkan. Donasi buah akan disalurkan melalui mitra strategis, yakni Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation dan Foodbank of Indonesia.

Lewat kampanye ini, kita bukan hanya mendapatkan manfaat sehatnya, tetapi sekaligus berbuat kebaikan melalui donasi buah. Catat tanggalnya dan jangan sampai terlewat, ya, Bela!

Baca Juga: Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pir

Baca Juga: Tetap Bermanfaat, Ini Cara Mengawetkan Sayur dan Buah Secara Alami

Baca Juga: Selain Manis, Ini 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan