Beberapa kali kita mungkin pernah mendengar berita tentang kecelakaan atau hal-hal yang tak diinginkan karena seseorang sedang berada di bawah pengaruh alkohol, bukan? Berkaca dari kejadian-kejadian tersebut, Diageo Indonesia (PT. Langgeng Kreasi JayaPrima) meluncurkan kampanye #SamaSamaRayakan yang mendorong pemahaman konsumen agar mengonsumsi minuman beralkohol dengan lebih bertanggung jawab.

Bagaimana kampanye tersebut diterapkan? Berikut penjelasannya.

Kampanye #SamaSamaRayakan, dorong konsumen untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang mereka konsumsi

#SamaSamaRayakan, Dorong Pemahaman Konsumen agar Lebih Tanggung JawabDok. Diageo

Diageo Indonesia (PT. Langgeng Kreasi JayaPrima), pada 23 Maret 2021 lalu meluncurkan kampanye #SamaSamaRayakan untuk mendorong konsumen agar mengonsumsi minuman beralkohol secara bertanggung jawab. 

Dengan memanfaatkan platform sosial media, kampanye ini merupakan ajakan dan dorongan kepada seluruh konsumen untuk lebih memahami apa yang dikonsumsi, efeknya terhadap tubuh, dan tidak berlebihan. 

Kampanye #SamaSamaRayakan merupakan turunan dari kampanye global Diageo yang tertuang dalam rencana aksi 10-tahunan, 'Society 2030: Spirit of Progress'.

“Kampanye #SamaSamaRayakan berangkat dari salah satu bagian dari rencana aksi 10-tahunan kami, Society 2030: Spirit of Progress.  Dalam rencana aksi ini, Diageo ingin mendorong pada tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa,” ungkap Corporate Relations Director Diageo Indonesia, Dendy A. Borman dalam virtual press conference yang diselenggarakan pada 23 Maret 2021 lalu.

Tiga fokus utama kampanye #SamaSamaRayakan

#SamaSamaRayakan, Dorong Pemahaman Konsumen agar Lebih Tanggung JawabDok. Diageo

Menurut Dendy, 'Spirit of Progress' akan fokus pada tiga bidang utama yaitu memperjuangkan inklusi dan keragaman mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab; dan pelopor bagi keberlanjutan from grain-to-glass.

“Di Indonesia, salah satunya diimplementasikan dalam mempromosikan Konsumsi yang Bertanggung Jawab. Kami ingin mengubah cara dunia mengonsumsi minuman beralkohol menjadi lebih baik: dengan merayakan konsumsi yang tidak berlebihan, mengedukasi bahaya terkait konsumsi alkohol yang berlebihan, memperluas program untuk menghindari konsumsi di bawah umur, dan mengajak masyarakat untuk tidak mengemudi setelah mengkonsumsi minuman beralkohol,” jelas Dendy.

Memanfaatkan platform media sosial untuk menyebarluaskan informasi terkait konsumsi yang bertanggung jawab

#SamaSamaRayakan, Dorong Pemahaman Konsumen agar Lebih Tanggung JawabInstagram.com/samasamarayakan

Gagasan kampanye #SamaSamaRayakan berangkat dari situasi konsumen yang dapat menikmati minuman beralkohol dimanapun dan termasuk di rumah. Diageo percaya bahwa konsumsi yang bertanggung jawab patut untuk terus dilaksanakan, kapanpun dan dimanapun.

“Kampanye #SamaSamaRayakan memanfaatkan platform media sosial karena adanya peningkatan konsumsi informasi melalui digital, untuk menyebarkan pesan tentang tentang konsumsi yang bertanggung jawab diantara konsumen. Diageo Indonesia menyebarkan pesan ini melalui berbagai kegiatan seperti digital video series, acara kumpul virtual dengan KOL dan pakar, membangun percakapan dengan audiens di Twitter dan Instagram,” ucap Communication and Engagement Lead Diageo Indonesia Chrysanthi Tarigan.

Libatkan 600 ribu orang di Indonesia

#SamaSamaRayakan, Dorong Pemahaman Konsumen agar Lebih Tanggung JawabInstagram.com/samasamarayakan

Untuk membantu target global Society 2030, Diageo Indonesia akan berkontribusi dalam melakukan edukasi konsumsi bertanggung jawab yang melibatkan 600 ribu orang di Indonesia.

Salah satu upaya Diageo Indonesia mendorong pemahaman tentang konsumsi yang bertanggung jawab didukung oleh platform kuis DRINKiQ yang dirancang khusus untuk memberikan informasi faktual yang mencakup semua aspek alkohol, mulai dari bagaimana efeknya bagi masing-masing tubuh, hingga memahami jenis minuman beralkohol yang dikonsumsi.

DRINKIQ merupakan alat untuk para konsumen membuat pilihan berdasarkan informasi tentang minuman yang bertanggung jawab, termasuk keputusan untuk tidak minum. Saat ini kuis DRINKIQ telah diikuti oleh lebih dari 5000 orang dari 2018-2020, dan ditargetkan akan meraih 200.000 orang sampai dengan 2030.

#SamaSamaRayakan suarakan inklusivitas dan keberagaman

#SamaSamaRayakan, Dorong Pemahaman Konsumen agar Lebih Tanggung JawabInstagram.com/samasamarayakan

Sejalan dengan kampanye yang diusung Diageo, #SamaSamaRayakan juga menyuarakan inklusivitas dan keberagaman yang sangat berkaitan dengan kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Kampanye #SamaSamaRayakan mendorong konsumen, orang dewasa dalam usia yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol, merayakan persatuan, empati, dan menghidupkan gagasan kebersamaan dan saling menghormati.  

“Kami percaya banyak di luar sana konsumen yang sudah memahami tentang pentingnya konsumsi yang bertanggung jawab. Kami merayakan sikap serta prinsip mereka, dan mereka dapat menginspirasi para konsumen lainnya untuk sama-sama bertanggung jawab dalam mengkonsumsi minuman beralkohol,” tutup Chrysanthi.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Kini Bolehkan Warga Minum Alkohol dan Kumpul Kebo

Baca Juga: Ini Perbedaan dari 11 Jenis Minuman Beralkohol, Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: 5 Fakta Alkohol Dalam Skincare, Nggak Selalu Buruk Lho!