Bagi si penyuka coklat, brownies menjadi salah satu menu makanan penutup yang wajib ada di setiap kesempatan. Rasanya yang manis bisa menutup sesi makan malam kita dengan manis pula.

Apa jadinya jika rasa brownies tersebut ada di dalam puding? Pastinya puding brownies tersebut akan menjadi incaran selepas menyantap hidangan utama. Ingin mencoba resep membuat puding brownies sendiri di rumah? Simak langkah membuatnya berikut ini ya.

Asal Mula Kata Brownies

Resep Membuat Puding BrowniesYummy Indonesia

Salah satu legenda brownies yang paling terkenal adalah dari Bertha Palmer. Sosialita asal Chicago tersebut adalah istri dari pemilik Hotel Palmer House. Pada tahun 1893, Bertha meminta kepada koki pastry hotel untuk membuat makanan pencuci mulut yang cocok dibawa saat menghadiri Pameran Dunia Chicago.

Sang koki pun membuat kue berukuran kecil yang bisa dimasukan ke dalam kotak makan siang. Kue tersebut terbuat dari kacang walnut dan aprikot. Namun pada saat itu nama brownies belum digunakan.

Istilah brownies digunakan pertama kali pada tahun 1896 pada buku Boston Cook-School Cook Book yang ditulis oleh Fannie Farmer. Nama brownies mengacu pada kue berpotongan kecil yang dicetak menggunakan cetakan timah. Karena hasil masakan dari cetakan tersebut selalu berwarna kecoklatan, maka disebutlah kue brownies yang berarti kecoklatan.

Bahan-Bahan Puding Brownies

Resep Membuat Puding BrowniesYummy Indonesia

Sebelum mulai memasak resep membuat puding brownies, persiapkan dulu bahan-bahan berikut ini.

Bahan-Bahan

  • 5 lbr Roti Tawar
  • 1 liter Susu Cair Coklat
  • 1 bungkus Agar Bubuk Tawar
  • 1 sdt Agar Jelly Coklat
  • 80 gr Gula Pasir
  • 100 gr Coklat Compound
  • 50 gr Coklat Chip (topping) 

Cara Membuat Puding Brownies

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah resep membuat puding brownies berikut ini.

Cara Membuat

  1. Siapkan blender, masukkan roti tawar, coklat compound, gula pasir, agar bubuk tawar, agar jelly coklat dan susu coklat cair.
  2. Blender hingga halus dan tercampur rata.
  3. Tuang adonan dalam panci, panaskan hingga mendidih.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan pudding. Dinginkan selama 20 menit.
  5. Keluarkan dari cetakan, sajikan dengan coklat chip diatasnya.

Kamu bisa menambahkan keju atau buah sebagai pengganti topping coklat di atasnya. Jangan lupa sajikan dalam keadaan dingin untuk rasa yang lebih nikmat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Membuat Bubur Sumsum