Saat ini banyak makanan atau minuman yang menggunakan bahan tambahan charcoal atau arang hitam. Selain bisa membuat tampilan makanan jadi berwarna hitam dan berbeda dari makanan kebanyakan, charcoal juga memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai penawar racun, mengobati jerawat dan mencegah penuaan diri.

Salah satu jenis makanan yang cocok jika ditambahkan dengan charcoal adalah donat. Kue empuk satu ini sangat pas dan menghasilkan warna kekinian saat ditambahkan charcoal pada resepnya.

Ingin mencoba resep donat charcoal sendiri di rumah? Yuk lihat cara pembuatan dan bahan-bahannya berikut ini.

Asal Mula Kue Donat

Resep Membuat Donat CharcoalYummy Indonesia

Banyak sekali kisah dan sejarah asal usul donat yang beredar di masyarakat. Salah satu yang paling terkenal adalah donat merupakan makanan khas Belanda yang dibawa oleh imigran ke Amerika Utara.

Kisah lain mengatakan kalau donat berbentuk cincin diciptakan pertama kali oleh kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Gregory yang kerepotan karena harus menyetir kapal dengan kedua tangannya terpaksa meletakan kue di roda kemudi kapal dengan cara ditusukkan di bagian tengahnya. Hal ini membuat bagian tengah kue menjadi bolong. Pada saat itu, seringkali bagian tengah kue belum matang saat disajikan. Maka kue dibuat bolong pada bagian tengah agar matangnya merata.

Kini donat tak lagi berciri khas bolong pada bagian tengah. Ada donat yang tidak memiliki lubang lantaran sebagai tempat untuk isiannya dan ada pula donat kecil berbentuk seperti bola-bola. Donat kecil berbentuk bola-bola itulah yang akan dibuat pada artikel ini. Bagaimana cara membuatnya? Simak yuk!

Bahan-Bahan Donat Charcoal

Resep Membuat Donat CharcoalYummy Indonesia

Sebelum membuat, siapkan dulu bahan-bahan donat charcoal. Apa saja bahan-bahannya?

Bahan-Bahan

  • 250 Gr tepung terigu protein tinggi
  • 1 Sdm charcoal powder
  • 2 Sdm gula pasir
  • 1 Sdt ragi instant
  • 150 ml susu cair
  • 1 Butir telur
  • 35 Gr butter

Cara Membuat Donat Charcoal

Jika bahan-bahan sudah disiapkan, resep membuat donat charcoal selanjutnya adalah mulai memasak. Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah bersih. Campur tepung terigu, charcoal bubuk, gula pasir, ragi instant, susu cair dan telur. Aduk hingga tercampur rata dan agak kalis.
  2. Tambahkan butter, uleni hingga kalis dan tidak lengket.
  3. Bagi adonan dan bulatkan. Susun di atas loyang. Tutup dengan kain lap basah. Letakkan di ruangan yang hangat, biarkan mengembang selama 30 menit atau hingga mengembang 2x lipat.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng donat hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan donat dengan coklat leleh dan topping warna-warni.

Selain bubuk charcoal, kamu bisa menggantinya dengan bubuk matcha untuk menghasilkan rasa teh hijau atau ditambahkan pewarna merah untuk menghasilkan donat red velvet.

Itulah resep membuat donat charchoal. mudah kan?Selamat berkreasi, Bela.

Baca Juga: Resep Membuat Cilok Rumahan