Bagi orang Indonesia, bolu sudah menjadi kudapan manis sehari-hari. Selain teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, bolu dapat dipadukan dengan berbagai bahan makanan lainnya, seperti buah, kurma, atau coklat.

Untuk menyajikan kue bolu yang bukan hanya enak, namun memiliki tampilan yang cantik, yuk coba resep bolu kukus pelangi satu ini. Tak perlu oven, kamu hanya membutuhkan kukusan. Bagaimana cara membuatnya?

Asal Usul Bolu

Resep Membuat Bolu Kukus PelangiYummy Indonesia

Bolu berasal dari bahasa Portugis bolo yang berarti cake atau kue. Bolu berbahan dasar tepung terigu, gula, dan telur yang dicampurkan menjadi satu kemudian dipanggang atau dikukus. Setelah matang, bolu biasa dihias menggunakan icing sugar atau buttercream warna-warni.

Bolu biasa disajikan dalam sebuah perayaan tertentu. Misalnya untuk ulang tahun atau pesta pernikahan. Di negara barat, bolu biasa disusun bertingkat sebagai kue pernikahan.

Bahan-Bahan Bolu Kukus Pelangi

Resep Membuat Bolu Kukus PelangiYummy Indonesia

Untuk memasak resep membuat bolu kukus pelangi, beberapa bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan

  • 5 btr telur
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier (TBM/Ovalet)
  • 240 gr tepung terigu serbaguna
  • ½ sdt baking powder
  • 150 ml susu cair
  • 150 ml minyak sayur
  • 1 sdm pasta vanila
  • Pewarna makanan (merah, oranye, ungu, hijau)

Cara Membuat Bolu Pelangi

Setelah semua bahan tersedia, kini saatnya memasak resep membuat bolu kukus pelangi. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah bersih. Kocok dengan kecepatan tinggi telur, gula, dan emulsifier hingga mengembang (kurang lebih 15 menit).
  2. Kurangi kecepatan mikser, masukkan ayakan tepung dan baking powder, aduk rata. Tuang susu cair dan minyak sayur, aduk menggunakan spatula.
  3. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Tambahkan pewarna pada masing-masing adonan.
  4. Siapkan loyang bulat 18cm, oles dengan mentega dan taburan tepung terigu.
  5. Tuang adonan dalam loyang secara acak. Masukkan dalam kukusan yang sudah panas selama 40 menit. Sajikan.

Itulah resep bolu kukus pelangi sederhana. Jika kamu menginginkan rasa yang berbeda, kamu bisa menambahkan buah atau selai seperti strawberry, blueberry atau coklat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Membuat Martabak Manis