Sejak tahun 2020, kesehatan menjadi masalah penting yang diperhatikan oleh banyak orang. Dengan adanya pandemi COVID-19, kesehatan juga menjadi hal paling berharga untuk dijaga.

Oleh karena itu, banyak cara kita lakukan demi menjaga kesehatan. Mulai dari mengonsumsi suplemen, berolahraga, hingga menjaga pola makan. Berbicara soal makanan, saat ini plant-based food kian digemari. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan makanan sehat demi menjaga tubuh tetap optimal.

Memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan sehat, berbagai produsen makanan seolah berlomba mengkreasikan menu plant-based food yang bukan hanya sehat, tapi juga enak. Berikut Popbela memiliki dua rekomendasi menu plant-based food yang dijamin semua orang suka. Apa saja? 

Plant-based coffee - VOWS Coffee

Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan LezatDok. VOWS Coffee

Pada 6 Mei 2021 lalu, VOWS Coffee resmi membuka gerai pertamanya di Jl. Carina Sayang 1 No. 8, Penjaringan, Jakarta Utara. Berbeda dengan gerai kopi pada umumnya, VOWS Coffee mengusung plant-based food untuk bahan-bahan yang digunakan di setiap menunya.

“Produk plant-based kopi kami tidak hanya menggunakan susu non-dairy tetapi juga biji kopi organik yang sudah mengantongi sertifikasi USDA (United States Department of Agriculture). Biji kopi yang kami gunakan adalah biji kopi spesial yang proses penanamannya tidak menggunakan zat aditif dan merupakan hasil dari praktik bertani ramah lingkungan,” ujar Wiliam Edison, Founder VOWS Coffee, seperti yang dikutip dari rilis yang diterima Popbela.

Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan LezatDok. VOWS Coffee

Mengusung kampanye #BetterVowsBetterLives, VOWS Coffee ingin menyebarkan pesan kepada masyarakat Indonesia memiliki pilihan yang lebih sehat dan hidup lebih baik. Tidak hanya untuk diri, namun juga untuk bumi yang lebih baik dan mendukung program keberlanjutan.

VOWS Coffee dibagi menjadi dua pilihan ukuran, regular dan large yang didapatkan dengan kisaran harga Rp24.000 hingga Rp45.000 per gelasnya. Varian menu yang dihadirkan oleh VOWS Coffee adalah sebagai berikut:

  1. Tokyo Americano
  2. Kyoto Latte
  3. Shikoku Latte (dengan sirup organik caramel)
  4. Hokkaido Latte (dengan sirup organik vanilla)
  5. Nagoya Latte (dengan sirup organik hazelnut)
  6. Iced Okinawa (kopi di campur dengan coconut brown sugar organik)
  7. Osaka Latte (kopi bercampur dengan Vegan Chocolate)
  8. Shibuya Chocolate (non-coffee dengan Vegan Chocolate)
  9. Uji Matcha Latte (non-coffee dengan Vegan Matcha)

“Meskipun VOWS Coffee adalah produk plant-based yang sehat, kami dapat menjamin bahwa VOWS Coffee dapat menjadi versi terbaik dengan rasa sehat untuk menjadi asupan kafein harian masyarakat Indonesia,” kata William.

Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan LezatDok. VOWS Coffee

Selain menjadi produk premium yang terjangkau, produk VOWS Coffee juga membantu lingkungan dan mendorong program lingkungan hidup yang berkelanjutan. Hal ini VOWS Coffee lakukan dengan cara menggunakan oxo bio-degradable cup sebagai kemasan untuk semua produk.

VOWS Coffee berharap, dengan hadirnya VOWS dan kampanye #BetterVowsBetterLives dapat meningkatkan kesadaran pilihan yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia. VOWS Coffee pun akan segera membuka cabang di daerah Jakarta Selatan, Ubud (Bali), dan juga melakukan ekspansi ke Singapura.

Plant-based burger - Burger King

Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan LezatDok. Burger King

Mulai 7 Mei 2021, para pencinta burger dapat menikmati Whopper® tanpa daging di semua restoran Burger King® di area JABODETABEK. Pada pertengahan bulan depan, menu ini akan tersedia secara nasional di seluruh 175 gerai Burger King®. Peluncuran ini pun menandai Indonesia sebagai salah satu negara pertama di Asia yang menghadirkan menu Plant-Based Whopper.

Bahan utama dari patty yang digunakan untuk Plant-Based Whopper adalah kedelai yang diperoleh dari proses berkelanjutan, gandum, minyak sayur, dan rempah-rempah. Patty berbahan dasar nabati ini akan diletakkan di antara roti dengan biji wijen panggang, tomat yang baru diiris, selada segar, krim mayones, saus tomat, acar renyah, dan irisan bawang bombay untuk menciptakan Plant-Based Whopper.

Patty berbahan dasar nabati ini dimasak dengan panggangan khas Burger King®. Seperti Whopper, yang tidak mengandung pewarna sintetis dan tanpa penambah rasa, Plant-Based Whopper juga dibuat dengan 100% bahan asli. Dengan segala bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat memperoleh rasa patty daging panggang yang terkenal, tanpa menggunakan daging.

Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan LezatDok. Burger King

Burger King® bermitra dengan The Vegetarian Butcher untuk menghadirkan Plant-Based Whopper® ke Indonesia. The Vegetarian Butcher adalah perusahaan milik Unilever yang memproduksi bahan pangan pengganti daging yang berbasis di Belanda.

The Vegetarian Butcher memperhatikan tren yang berkembang menuju produk nabati tanpa mengurangi rasa yang ditujukan bagi para pencinta daging dan flexitarian yang masih mendambakan rasa dan struktur daging.

Kopi Hingga Burger, Ini Rekomendasi Menu Plant-Based Sehat nan LezatDok. Burger King

Merayakan peluncuran Plant-Based Whopper, Burger King® Indonesia mengusung slogan “Serupa Tapi Tak Sama”, sebuah tantangan yang diberikan oleh Burger King® Indonesia kepada para konsumen.

Kamu dapat membeli Serupa Tapi Tak Sama Box hanya dengan harga Rp45.000 yang berisikan Plant-Based Whopper® Jr (0% daging sapi) dan Whopper® Jr (100% daging sapi). Penasaran untuk mencobanya?

Itulah tadi deretan menu plant-based food yang bisa kamu coba. Kamu penasaran dengan menu plant-based yang mana, nih?

Baca Juga: Melts Hadirkan 2 Varian Baru Plant-Based Snacks yang Kaya Manfaat

Baca Juga: Sangat Dinantikan, Akhirnya Makanan Plant-Based Tersedia di Starbucks

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus