Ramen merupakan salah satu hidangan khas Jepang yang sangat populer. Salah satu menu yang populer adalah tori paitan ramen khas Marugame Udon. Bagi kamu yang ingin membuat duplikatnya di rumah, kamu wajib simak tips memasak tori paitan ramen yang dibagikan Devina Hermawan melalui kanal YouTube-nya berikut ini.

1. Buat kuah menggunakan perpaduan tulang dan daging

5 Tips Mudah Bikin Tori Paitan Ramen a la Marugame Udon, Super Enak!Pixabay.com/Artiste29

Tori paitan ramen merupakan hidangan mi dengan kuah putih dari tulang. Kuah tersebut dibuat dari kaldu yang dibuat dari rebusan tulang, sehingga membuat warnanya menjadi putih.

Untuk membuat kuah spesial tersebut, gunakan perpaduan kaldu yang dibuat dari daging dan tulang agar kuah dari ramen tersebut memiliki cita rasa creamy.

2. Gunakan potongan ayam dengan tulang kecil

5 Tips Mudah Bikin Tori Paitan Ramen a la Marugame Udon, Super Enak!YouTube.com/Devina Hermawan

Cara membuat kuah tersebut yaitu dengan merebus tulang hingga kuahnya berwarna putih dan membuatnya menjadi gurih. Untuk membuatnya lebih creamy, gunakan potongan ayam dengan tulang kecil seperti bagian sayap.

Tak hanya untuk membantu dari segi rasa, hal tersebut guna membuat kuah kaldu lebih cepat jadi dibanding hanya menggunakan tulang.

3. Masak ayam hingga tulang dapat dipatahkan

5 Tips Mudah Bikin Tori Paitan Ramen a la Marugame Udon, Super Enak!YouTube.com/Devina Hermawan

Ramen akan semakin nikmat jika disajikan dengan kuah yang kental dan penuh rasa. Untuk membuatnya, pastikan kamu memasak kaldu tersebut, hingga tulang yang digunakan dapat dipatahkan dengan mudah.

Hal itu agar sari dari tulang benar-benar menyatu dengan kuah, yang tentunya membuat rasa menjadi lebih nendang dan kental.

4. Perhatikan durasi memasak kaldu

5 Tips Mudah Bikin Tori Paitan Ramen a la Marugame Udon, Super Enak!Pixabay.com/Stevepb

Untuk menghasilkan kuah ramen tori paitan, kamu perlu memperhatikan durasi memasak kaldu agar tulang hancur dan tercampur dengan bahan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan api sedang selama 3--4 jam atau 6 jam lebih dengan api kecil.

Tidak disarankan menggunakan api besar karena daging dan tulang mudah hancur pada pembuatan kuah ramen ini. Pastikan kamu juga mengecek kuah secara berkala agar kuah tidak surut.

5. Bumbui kaldu di tahap terakhir

5 Tips Mudah Bikin Tori Paitan Ramen a la Marugame Udon, Super Enak!YouTube.com/Devina Hermawan

Setelah ayam dan tulang lunak, sisihkan jamur shiitake, bawang, dan jahe. Saring kaldu dan masak kembali hingga mendidih. Bumbui kaldu dengan kecap ikan, kecap asin, gula, dan garam. Hal ini dilakukan terakhir agar mudah menyesuaikan rasanya.

Untuk penyajiannya, siram mi dengan kuah kaldu dan sajikan dengan ayam chashu, telur ramen, rumput laut, dan minyak bawang. Tambahkan bubuk cabai sesuai seleramu.

Itulah tips memasak kuah tori paitan ramen agar rasanya lezat dan autentik. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya di rumah?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Tips Mudah Bikin Tori Paitan Ramen ala Marugame Udon, Lezat Banget!" ditulis oleh Ninda F

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Chinese Food a la Restoran, Mudah dan Praktis!

Baca Juga: 3 Resep Dessert Berbahan Dasar Susu yang Enak dan Sehat

Baca Juga: Buat Sendiri Kopi Susu Gula Aren, Ini Resepnya!