Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat untuk menjaga stamina dan berat badan memang nggak mudah, Bela. Kamu harus rutin olahraga dan tentunya menjaga asupan makanan yang kamu makan. Salah satu cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan adalah mengganti nasi yang bisa kamu makan dengan nasi GABA.

Apa, sih, nasi GABA dan apa saja manfaat dari nasi tersebut? Simak lima faktanya berikut ini.

1. Apa itu nasi GABA?

5 Fakta Nasi GABA yang Kaya Nutrisi dan Manfaattheawesomegreen.com

GABA singkatan dari gamma-aminobutyric acid. Nasi GABA atau yang juga dikenal dengan nama nasi cokelat (brown rice) adalah bahasa umum dari Germinated Brown Rice (GBR). Germinated Brown Rice (GBR) merupakan beras yang dikecambahkan terlebih dulu sebelum dimasak dan dikonsumsi layaknya nasi biasa.

2. Kandungan gizi nasi GABA meningkat dalam proses perkecambahannya

5 Fakta Nasi GABA yang Kaya Nutrisi dan Manfaatsays.com

Tidak hanya mengubah bentuk beras menjadi berkecambah, kandungan gizi dalam nasi GABA juga meningkat dalam proses perkecambahannya. Sebagai hasil dari proses perkecambahan, beras merah berkecambah menghasilkan gamma-aminobutyric acid yang memberikan efek menenangkan pada otak.

Tak hanya itu, nutrisi lainnya seperti vitamin E, magnesium, vitamin B1 dan B6, kalium, seng dan khususnya asam amino juga bertambah, sehingga membuat nasi GABA menjadi lebih sehat dibandingkan nasi biasa.

3. Tekstur nasi GABA lebih manis dan lembut

5 Fakta Nasi GABA yang Kaya Nutrisi dan Manfaatstarknakedhealth.com

Karena berubah bentuk menjadi kecambah, tentu tekstur serta rasa dari nasi GABA juga berbeda dari nasi biasa. Nasi GABA bertekstur lebih manis dan lembut, sehingga cocok dikonsumsi oleh segala usia. Termasuk memudahkan lansia dan anak-anak untuk mengunyah karena teksturnya yang lebih lembut.

4. Manfaat nasi GABA untuk kesehatan

5 Fakta Nasi GABA yang Kaya Nutrisi dan ManfaatUnsplash.com/Mor Shani

Melansir dari theawesomegreen.com, nasi GABA memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut antara lain, menghilangkan stres, kecemasan, tekanan darah tinggi, dan insomnia. Selain itu, secara rutin mengonsumsi nasi GABA juga dapat mengatur siklus tidur dan menyeimbangkan suasana hati, hingga meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh, merangsang hormon pertumbuhan, mencegah hipertensi, kolesterol tinggi, gagal ginjal, diabetes, proliferasi tumor, dan penyakit Alzheimer.

5. Cara memasak yang mudah

5 Fakta Nasi GABA yang Kaya Nutrisi dan Manfaatsays.com

Cara memasak nasi GABA pun tidak sulit, Bela. Kamu hanya membutuhkan beras merah dan air matang. Rendam beras merah selama 48 jam sampai tumbuh sedikit kecambah pada beras tersebut. Jika sudah tumbuh, kamu bisa langsung memasaknya seperti memasak nasi biasa.

Tapi, saat ini kamu tak perlu repot memasak nasi GABA. Sebab, rice cooker CUCKOO telah didesain khusus untuk memasak nasi GABA. Sehingga, kamu nggak perlu menunggu sampai 48 jam.

5 Fakta Nasi GABA yang Kaya Nutrisi dan ManfaatInstagram.com/cuckoo.id

CUCKOO merupakan merek asal Korea Selatan yang memproduksi produk-produk peralatan dapur dan rumah tangga inovatif yang sudah membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan orang di seluruh dunia. Saat ini, CUCKOO hadir di lebih dari 30 negara, antara lain Amerika Serikat, China, India, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

Pada tahun 2018, CUCKOO Indonesia di bawah bendera PT. Cuckoo Global Indonesia resmi berdiri dan menjadi bagian dari Keluarga CUCKOO International sebagai Global Branch. Saat ini CUCKOO Indonesia hadir dan sudah menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Palembang dan Medan.

Dengan desain yang cantik, elegan dan futuristik, CUCKOO All-in-One Cooker telah menetapkan standar premium smart cooker ke titik yang lebih jauh lagi. Fitur dengan hak paten seperti Twin Pressure yang mampu memasak dalam dua mode (Ultra High Pressure atau Non-pressure) serta berbagai teknologi kelas atas lainnya, memastikan kamu memiliki pengalaman yang menyenangkan saat memasak di rumah.

Bagaimana Bela, ternyata tidak sulit bukan untuk membuat makanan sehat di rumah? Selamat mencobanya, ya!

Baca Juga: Intip 7 Makanan Sehat yang Berasal dari Seluruh Dunia

Baca Juga: 11 Makanan Sehat Ini Justru Bikin Sembelit, Apa Saja?

Baca Juga: 9 Smoothie Cup Lucu Ini Bikin Kamu Jatuh Cinta dengan Makanan Sehat