Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Banyak orang yang sedang menyiapkan berbagai hidangan spesial untuk Lebaran nanti, termasuk kamu juga, kan?

Biar lebih hemat, sebagian orang memilih memasak kue sendiri untuk Lebaran. Nggak melulu nastar dan kastengel, kacang bawang juga selalu jadi incaran saat Lebaran, lho. Rasanya yang gurih bikin ketagihan.

Kalau kamu berencana membuat kacang bawang juga, simak resepnya di bawah ini!

1. Bahan membuat kacang bawang

Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!bpr.com

Bahan-bahan:

  • 250 gram kacang tanah kupas
  • 150 ml santan
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Sejumput garam

2. Bersihkan kacang tanah dari kulitnya

Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!tasteofsouthern.com

Siapkan wadah, lalu masukkan semua kacang tanah ke dalamnya. Bersihkan kacang sampa tak ada lagi kulit yang menempel.

Setelah itu, buang air rendaman hingga bersih. Isi kembali wadah berisi kacang dengan air, lalu bilas hingga bersih. Sisihkan kacang tanah dan tiriskan.

3. Masak santan bersama kacang

Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!fedandfit.com

Letakkan panci di atas kompor, lalu tuang santan ke dalamnya. Masukkan pula bawang putih yang sudah dihaluskan, gula pasir, dan garam. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan semua kacang tanah yang sudah dicuci ke dalam rebusan santan. Aduk sampai santan meresap ke dalam kacang. Tunggu hingga mendidih, lalu angkat dan tiriskan.

4. Goreng irisan bawang hingga kering

Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!bonappetite.com

Siapkan talenan di atas meja, lalu kupas sisa bawang putih hingga bersih. Iris tipis semua bawang putih sampai habis, lalu rendam di air garam selama sepuluh menit.

Setelah itu, panaskan cukup banyak minyak di dalam wajan hingga mendidih. Goreng irisan bawang putih terlebih dahulu hingga kuning kecokelatan. Jika sudah, segera angkat dan sisihkan.

5. Goreng kacang sampai matang

Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!instagram.com/foodishpedia

Biarkan minyak tetap mendidih, lalu langsung lanjutkan dengan menggoreng kacang. Aduk sesekali agar matangnya merata. Tunggu sampai kacang menjadi kuning kecokelatan.

Setelah itu, segera angkat dan tiriskan jika sudah matang. Campur kacang tanah dengan bawang putih goreng, lalu simpan di stoples agar kerenyahannya tahan lama.

Itulah cara mudah membuat kacang bawang yang empuk dan gurih. Kalau bikin sendiri, kamu bisa menikmatinya sampai puas, deh. Selamat mencoba!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!"

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Tanpa Oven, Sederhana dan Tetap Enak

Baca Juga: 10 Resep Olahan Ayam Sederhana a la Yummy App untuk Buka dan Sahur

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak, Mudah Kok!