Salah satu hal utama untuk dijelajahi di setiap destinasi adalah makanannya! Benar kan Bela? Rasanya nggak afdol jika berkunjung ke suatu negara tanpa mencicipi kelezatan makanan di tempat tersebut. Akan menjadi lebih seru lagi jika kamu datang bertepatan dengan diadakannya festival makanan.

Selain menikmati hidangan penduduk setempat, kamu juga bisa mempelajari tradisi khususnya terkait makanan di negara tersebut. Biasanya festival makanan akan menawarkan sesuatu yang unik, dan tentunya nggak boleh terlewatkan.

Kali ini Popbela akan merangkum festival makanan paling populer di seluruh dunia yang diadakan di tahun 2022. Siapa tahu daftar festival makanan ini bisa menjadi referensi untuk berkunjung di waktu yang tepat. Nggak perlu berlama-lama lagi, check this out!

1. Pizza Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022radseason.com
  • Negara: Kota Napoli, Italia
  • Waktu: 17 Juni 2022

Napoli adalah tempat kelahiran pizza, jadi sudah sepantasnya Napoli juga menjadi rumah bagi festival pizza terbesar dan terlezat di Italia. Para ahli pizza paling berbakat di dunia akan berlomba menyajikan berton-ton pizza. Merupakan acara terbesar di Italia, ada lebih dari 30.00 pencinta pizza berkumpul di sekitar kota demi menyantap pizza. 

Bukan hanya itu, di sela-sela makan, Pizza Fest memiliki berbagai rangkaian acara. Ada lokakarya yang mengajarkan orang tentang cara membuat pizza otentik, konser musik untuk menari dan membakar semua kalori, pameran, beragam kontes, dan banyak lagi.

https://www.youtube.com/embed/LjtOfeRDkAI

2. Oktoberfest

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022oktoberfestinthegardens.com
  • Negara: Jerman
  • Waktu: 17 September - 3 Oktober 2022

Jerman mengadakan perayaan bir terbesar di dunia. Oktoberfest menjadi surganya orang-orang pencinta bir. Jutaan orang berduyun-duyun ke Jerman setiap tahunnya demi festival yang satu ini. 

Para tamu kebanyakan berasal dari  Italia, Prancis, Spanyol, Portugal, Argentina, dan negara-negara Eropa Timur seperti Kroasia atau Ukraina. Mereka menikmati festival dengan berjalan-jalan di sekitar lapangan, menguji wahana dan, tentu saja, bir Wiesn.

Makanan klasik seperti bratwurst, pretzel, daging panggang dan almond panggang sangat populer. Acara ini menawarkan berbagai macam makanan lezat bersama dengan jumlah besar dan keragaman bir yang ditawarkan. Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu acara kuliner paling terkenal di dunia.

https://www.youtube.com/embed/9sZLzaTGP4o

3. Bacon Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022syracuse.com
  • Negara: Roma Lodge, Amerika Serikat
  • Waktu: 5 - 6 Agustus 2022

Ya, kamu tidak salah dengar, Bela! Ada festival di dunia yang hanya didedikasikan untuk bacon. Kamu bisa datang dan nikmati berbagai macam hidangan, suguhan, dan minuman yang terinspirasi dari bacon sambil mendengarkan live music dari artis pertunjukan lokal di festival ini.

Nggak perlu khawatir, mereka juga akan mengadakan festival ini di tahun 2023, lho, tepatnya di danau Jenewa, Amerika Serikat. 

https://www.youtube.com/embed/HnT0XH2K8uE

4. Salon Du Chocolat

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022confectionerynews.com/
  • Negara: Paris Expo/Porte de Versailles, Paris Prancis
  • Waktu: 28 Oktober – 1 November 2022

Apakah kamu penggemar cokelat dan fashion? Maka kamu harus mencicipi beberapa cokelat berkualitas tinggi yang diproduksi di Ekuador dan menghadiri festival Salon du Chocolat di Quito. Festival ini memungkinkan kamu menikmati rasa cokelat terbaik, dan menonton peragaan busana dengan model yang mengenakan gaun yang terbuat dari cokelat, lho. Wah, unik sekali kan?

https://www.youtube.com/embed/5jJppJvy86Y

5. Dumpling Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022thehoneycombers.com
  • Negara: Hong Kong
  • Waktu: 3 Juni 2022

Mendengar namanya saja sudah membuat ngiler, nih Bela! Menjadi perayaan rutin yang diadakan di Hong Kong, Dumpling Festival adalah surga bagi para pecinta pangsit. Di festival ini kamu akan disuguhkan zongzi dumplings–beras ketan dengan isian berbeda yang dibungkus dengan bambu, teratai, atau daun pisang. 

Festival ini diadakan setiap hari kelima bulan kelima penanggalan Imlek, bersamaan dengan perayaan Festival Perahu Naga. Nggak hanya di Hong Kong, festival ini juga kerap dilaksanakan di Singapura, dan Malaysia.

https://www.youtube.com/embed/Kgbdvvp8d4M

6. Herring Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022fishfaceseafoodblog.co.uk
  • Negara: Hvide Sande, Denmark
  • Waktu: April

Herring Festival adalah salah satu festival makanan dan budaya yang unik. Festival ini digelar pada akhir pekan terakhir di bulan April ketika kawanan ikan haring berenang ke Fjord Ringkobing di Denmark untuk bertelur di perairannya yang terlindung.

Ini adalah waktu yang tepat bagi para nelayan, dan bagi banyak orang yang datang ke kota untuk memancing ikan haring dan pesta menikmati sepiring acar, fillet, goreng, kue, dan ikan haring panggang. Tidak banyak festival makanan di seluruh dunia yang menyajikan ikan lezat ini. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan yang satu ini, ya Bela!

https://www.youtube.com/embed/8OMnAzjbS7k

7. Vegetarian Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022sg.hotels.com
  • Negara: Kota Phuket, Thailand
  • Waktu: 24 September – 03 Oktober 2022

Siapa bilang festival makanan hanya menawarkan kelezatan daging-dagingan? Bagi kamu seorang vegan, festival yang ada di Thailand ini mungkin harus masuk ke dalam daftar perjalananmu jika pergi ke negara gajah putih, deh

Bergabunglah dengan hiruk-pikuk perayaan sembilan hari Thailand ini dengan parade warna-warni, musik, dan hidangan vegan terbaiknya. Kamu akan terkejut melihat bagaimana seluruh kota menjadi vegan selama sembilan. Berbagai hidangan yang terbuat dari sayuran, buah-buahan, kedelai, dan produk protein, tersaji.

Itulah sebabnya festival ini disebut sebagai salah satu festival buah terbaik di seluruh dunia. Bahkan non-vegetarian akan jatuh cinta dengan festival makanan internasional ini. Tertarik, Bela?

8. Maslenitsa Pancake Festival, Russia

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022expatexplore.com
  • Negara: St. Petersburg dan Moskow, Rusia
  • Waktu: 28 Februari – 6 Maret 2022

Jika kamu ke Rusia di bulan Februari jangan lewatkan festival yang satu ini, ya.  Pekan Pancake (Shrovetide) dulunya merupakan peringatan yang agak suram. Namun seiring waktu, itu berubah menjadi sesuatu yang positif dan menyenangkan bagi orang Rusia. Maslenitsa berlangsung sepanjang minggu. Inilah masa ketika orang-orang Rusia mengucapkan selamat tinggal pada musim dingin.

Ada aktivitas seperti menaiki perahu, naik kereta luncur kuda, adu tinju, tarian rakyat, pertunjukan boneka dan banyak makanan yang didominasi pancake (tentu saja). Orang-orang berdandan dengan kostum warna-warni dan memakai topeng cerah

https://www.youtube.com/embed/dHMlfRiYS70

9. St. Moritz Gourmet Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022stmoritz-gourmetfestival.ch
  • Negara: St. Moritz, Swiss
  • Waktu: 28 Januari – 5 Februari 2022

Pesta makanan yang berlangsung selama 9 hari ini menjadi salah satu perayaan makanan yang paling ditunggu di seluruh dunia. Bagaimana tidak, di festival ini para koki ternama memasak dan menawarkan sajian kuliner dari masakan terbaik di seluruh dunia.

Dengan tema yang berbeda setiap tahunnya, seperti yang terjadi tahun lalu, festival tersebut menghadirkan sajian makanan Jepang dengan menghadirkan langsung koki terkenal dari Jepang. Begitu pula yang akan dilakukan pada tahun 2023 nanti, tema makanannya adalah Timur Tengah. Sepuluh koki tamu internasional akan menyajikan masakan Arab, Israel, Lebanon, Suriah, Maroko, Iran, atau Turki.

https://www.youtube.com/embed/ED-TQHE2544

10. Maine Lobster Festival

10 Festival Makanan Paling Unik Di Seluruh Dunia Tahun 2022nationalgeographic.com
  • Negara: Pantai Maine, Amerika Serikat
  • Waktu: 3 – 7 Agustus 2022

Pesta makan yang berlangsung selama 5 hari inu menjadi yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta seafood. Maine Lobster Festival diadakan setiap tahun di pantai Maine di akhir pekan pertama bulan Agustus. Festival ini menjadi daya tarik tersendiri bukan hanya bagi para pecinta makanan laut, terutama Eropa dan Asia.

Maine Lobster Festival memanjakan para tamunya dengan kuliner lezat yang terbuat dari hasil tangkapan segar seperti kepiting, lobster, cumi-cumi, cumi, ikan, udang, dan masih banyak lagi.

Kamu juga akan dihibur dengan musik, kontes memasak, karnaval, bazar seni, dan banyak lagi. Semua keuntungan yang dihasilkan dari festival ini disumbangkan ke komunitas Midcoast Maine, lho

https://www.youtube.com/embed/v_vm14VlYBI

Demikianlah 10 festival makanan paling unik dan populer yang ada di dunia. Festival di atas kemungkinan akan digelar setiap tahunnya. Jadi, kalau kamu ketinggalan berkujung tahun ini, kamu masih bisa merencanakan untuk pergi di tahun depan. Dari ke-10 festival makanan di atas, festival mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan Delivery

Baca Juga: Deretan 15 Makanan Terenak di Dunia, Ada Rendang, Lho!

Baca Juga: Termasuk Ulat Panggang, Ini 7 Makanan Korea Teraneh yang Ternyata Enak