Virus corona memang tidak bisa dianggap remeh. Meski gejalanya bisa dianggap sebagai flu biasa, jika infeksinya sudah parah, virus ini bisa menyerang saluran pernafasanmu, salah satunya pada paru-paru. 

Jika paru-paru tidak dalam kondisi sehat, maka virus corona dapat menyebabkan cairan masuk ke dalam paru-parumu dan menyebabkan pneumonia. Bahaya, kan?

Untuk itu, kamu harus menjaga paru-parumu tetap sehat, Bela. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Nah, simak tujuh makanan yang menjaga paru-paru tetap sehat di bawah ini, yuk!

1. Bawang Putih

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan IniHealthline.com

Tahu nggak, sih, bawang putih memiliki senyawa anti-inflamasi dan bisa mengurangi kerusakan pada paru-paru yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi bawang putih mentah juga bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker paru-paru. Jadi, bawang putih bukan obat untuk mengatasi virus corona, melainkan membantu memberikan pertahanan untuk kesehatan paru-paru kamu.

2. Air

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan Inidigitaloceanspaces.com

Kedengarannya memang sepele, tapi air punya fungsi yang vital untuk kesehatannya paru-parumu. Hal ini karena air menjaga tenggorokanmu tetap bersih dari lendir dan peradangan. Jadi, jangan lupa minum air yang cukup, ya!

3. Konsumsi Lemak Sehat

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan IniPixabay.com/Picjumbo_com

Kamu juga bisa mulai memilih untuk mengonsumsi makanan dengan lemak sehat, seperti kacang-kacangan dan ikan tinggi lemak seperti salmon, sarden, teri. Selain mendapat lemak sehat, kamu juga memiliki asupan protein yang baik untuk menunjang keseimbangan gizimu.

4. Apel dan Tomat

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan IniHub.jhu.edu

Apel dan tomat memiliki kemampuan untuk membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru secara alami. Kedua makanan ini juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi paru-paru bagi mantan perokok yang rusak. 

Hal ini lantaran apel dan tomat mengandung antioksidan tinggi yang penting untuk melindungi paru-paru dari efek bahaya polutan dan asap rokok. 

5. Makanan Kaya Vitamin D

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan Inidok.internet

Vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan saluran napas. Kasus penyakit asma juga bisa dikaitkan dengan tingkat konsumsi vitamin D yang rendah. Makanya, penting untuk kamu rajin berjemur di bawah matahari, antara pukul 9 - 10 pagi, Bela. 

Penting juga untukmu memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Sumber makanan vitamin D bisa kamu temukan dalam susu, telur, yoghurt dan salmon. Untuk alternatif, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. 

6. Teh Hijau

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan Inirajaeleng.com

Teh hijau memiliki tingkat antioksidan, flavanol, dan epigallocatechin yang tinggi. Hal ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Teh hijau juga mengandung quercetin yang bertindak seperti antihistamin alami dan memperlambat pelepasan histamin, mengurangi peradangan dan melindungi paru-paru dari iritasi. 

7. Jahe

Cegah Penyakit Paru-Paru Karena Corona Dengan 7 Makanan Inianibee.tv

Jahe adalah dekongestan alami yang membantu membersihkan saluran udara yang tersumbat dan meningkatkan sirkulasi di paru-paru. Kamu bisa mencoba rempah-rempah dalam bentuk teh jahe hangat yang menenangkan.

Itulah beberapa makanan untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Selamat mencoba dan stay healthy, Bela!

Baca Juga: 7 Makanan yang Membuatmu Nggak Gampang Sakit

Baca Juga: 7 Kebiasaan ini Mampu Menjaga Kesehatan Paru-paru