Tahukah kamu, kalau di dalam tubuh ada komponen yang berperan untuk memerangi berbagai infeksi, yaitu sel darah putih. Sel yang satu ini dibuat di sumsum tulang belakang, berada di dalam darah dan jaringan limfatik. Sel darah putih atau yang dalam istilah medis disebut dengan leukosit, sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Jadi kebayang dong, kalau kadar sel darah putih rendah, pasti tubuh jadi rentan terserang infeksi. 

Kamu bisa meningkatkan sel darah putih dengan rajin mengonsumsi makanan sehat tertentu. Di bawah ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih, simak, yuk

1. Bawang Putih

Leukosit Rendah? Berikut Makanan untuk Pembentukan Sel Darah Putih i0.wp.com

Bawang putih berguna untuk mempercepat pembentukan sel darah putih dan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi menjadikannya penguat sistem kekebalan tubuh dan efektif untuk melawan infeksi virus, jamur, bakteri, dan parasit.

2. Makanan yang mengandung Omega-3

Leukosit Rendah? Berikut Makanan untuk Pembentukan Sel Darah Putih www.heartuk.org.uk

Omega-3 merupakan sejenis asam lemak pada tubuh yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Asam lemak yang satu ini juga bisa melawan zat asing yang berbahaya dalam tubuh. Beberapa contoh makan yang mengandung Omega-3 yaitu minyak ikan, salmon, bayam, dan kacang kedelai. 

3. Kacang atau biji-bijian

Leukosit Rendah? Berikut Makanan untuk Pembentukan Sel Darah Putih media.mnn.com

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E dapat membuat kekebalan tubuh kamu lebih kuat dan mempunyai sifat antioksidan yang tinggi. Produksi sel-B yang berguna untuk imunitas, juga ditingkatkan oleh vitamin E. 

Konsumsilah makanan seperti almond, selai kacang, atau biji bunga matahari agar mendapatkan vitamin E. 

4. Yoghurt

Leukosit Rendah? Berikut Makanan untuk Pembentukan Sel Darah Putih lh3.googleusercontent.com

Makanan yang satu ini dapat memerangi bakteri jahat. Selain itu, juga membantu meningkatkan sel darah putih dalam tubuh kamu. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering mengonsumsi probiotik yang ada dalam yoghurt, kandungan sel darah putihnya lebih tinggi karena tidak terdapat banyak bakteri jahat di saluran pencernaan. 

5. Pepaya

Leukosit Rendah? Berikut Makanan untuk Pembentukan Sel Darah Putih i0.wp.com

Buah yang satu ini memang dikenal dengan berbagai manfaatnya. Tapi masih banyak yang belum tahu kalau  pepaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C tinggi, yang memiliki efek anti-inflamasi, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker. 

Itu dia beberapa makanan yang bisa memepercepat pembentukan sel darah putih dalam tubuh. Tak lupa, terapkan pola makanan dan gaya hidup yang sehat ya, Bela!

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini 8 Makanan yang Kaya Vitamin C

Baca Juga: Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin E

Baca Juga: Resep Ramuan Mpon-Mpon yang Ampuh Mencegah Virus Corona