Adakah di antara kamu yang sedang melakukan diet? Sebenarnya apa sih motivasi kamu untuk melakukan diet? Nah, pasti banyak banget kan jawabannya, salah satunya punya badan yang ideal. Sayangnya, seringkali kita menganggap badan yang ideal adalah badan yang kurus, tinggi semampai seperti stereotip yang sering muncul di tengah masyarakat.

Eits, cewek milenial jangan sampai salah kaprah ya. Ideal atau nggaknya tubuh kamu itu nggak ditentukan dari seberapa gemuk atau kurusnya kamu. Coba deh kamu mulai peduli dengan Body Mass Index (BMI). Perhitungan BMI ini menggunakan perbandingan berat badan kamu dan tinggi badan untuk menentukan berat badan yang ideal untukmu. Dari sini akan terlihat nih, apakah berat badan kamu sudah ideal dan sehat atau nggak.

Buat yang penasaran gimana cara menghitungnya, pertama tentu saja kamu harus mengukur berat badan dan tinggi badan kamu. Kemudian hitung dengan rumus (berat badan)/(tinggi badan)2. BMI sendiri dibagi ke beberapa kategori yaitu <18,5 (underweight), 18,5 – 22,9 (normal), 23 – 29,9 (overweight) dan 30> (obessed). Nah, kalau kamu yang mana nih?

Nah, kali ini Popbela.com bakalan berbagi beberapa tips nih buat kamu biar punya berat badan yang ideal dan tentunya sehat. Penasaran seperti apa? 

Keep scrolling, girls!

1. Mulai dengan rutin meminum air mineral

Bukan Kurus atau Gemuk, Begini Loh Cara Pastikan Tubuhmu IdealShutterstock.com/Yulia Grigoryeva

Taukah kamu kalau minuman perasa, minuman berenergi atau soda memiliki minimal 100 kalori dalam sekali penyajian? Coba hitung, berapa banyak kamu mengonsumsi minuman jenis ini dalam satu hari? Padahal secara umum wanita hanya membutuhkan 1200-1500 kalori saja dalam satu hari. Nah, coba deh mulai beralih ke air mineral. Selain memiliki 0 kalori, dengan rutin mengonsumsi air mineral ini juga bisa mempermudah kerja ginjal, lebih sehat, kan?

2. Lakukan 30 menit olahraga kardio

Bukan Kurus atau Gemuk, Begini Loh Cara Pastikan Tubuhmu IdealShutterstock.com/MRProduction

Tubuh sehat memang nggak didapatkan secara cuma-cuma. Salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan melakukan olahraga. Nah, olahraga yang paling banyak digemari banyak orang adalah olahraga kardio nih, Bela. Olahraga ini dapat membantu jantung berfungsi secara optimal dan efektif dalam membakar kalori. Beberapa olahraga kardio yang bisa kamu coba adalah jogging, lari dan renang. Mau coba, Bela?

3. Diet lebih menyenangkan dengan smoothies sehat

Bukan Kurus atau Gemuk, Begini Loh Cara Pastikan Tubuhmu IdealShutterstock.com/EpicStockMedia

Saat kita membicarakan diet salah satu hal yang terlintas di otak adalah makanan-makanan yang tidak berasa, tidak enak dan nggak menyenangkan. Eits, kamu sudah coba smoothies? Minuman yang berasal dari hasil perpaduan dari buah dan sayur yang dikonsumsi bersama dengan ampasnya ini cocok banget loh untuk bikin kamu lebih semangat untuk menjalani pola makan yang lebih sehat.

Smoothies ini gampang banget loh bikinnya, apalagi kamu bisa bikin ini sendiri di rumah. Kamu tinggal sediakan beberapa buah-buahan dan sayur yang sudah dipotong. Smoothies kamu juga bakal lebih enak jika ditambah dengan yoghurt dan susu.

Bukan Kurus atau Gemuk, Begini Loh Cara Pastikan Tubuhmu IdealPopbela.com/Philips

Nah, untuk mempermudah prosesnya, Philips Blender Duravita HR2157 bisa jadi pilihan yang pas untuk mendukung pola hidup sehatmu. Dilengkapi dengan teknologi ProBlend 5, menjadikan blender ini mampu menghancurkan es 20% lebih cepat dari blender lainnya. Jadi, kamu ga perlu takut ribet kalau mau sering-sering bikin smoothies.

Bukan hanya itu, Blender Philips yang satu ini tabung blendernya terbuat dari material tritan yang 20X lebih tahan pecah dibandingkan tabung plastik biasa. Kelebihan lain dari material Tritan ini yaitu tidak meninggalkan noda atau pun bau. Kapan lagi menikmati smoothies semudah ini? Buat tahu informasi selengkapnya, langsung klik di sini.

4. Waktu tidur yang cukup

Bukan Kurus atau Gemuk, Begini Loh Cara Pastikan Tubuhmu IdealShutterstock.com/Repente

Eits, jangan sepelekan waktu tidur ya, Bela. Tidur punya peran yang sangat penting loh jika kamu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Karena pada malam hari, metabolisme tubuh akan bekerja secara maksimal saat kita tidur. Selain menjadi lebih fresh, tidur dengan durasi yang cukup juga akan menghindari kita dari nyemil di tengah malam. Nah, kamu masih sering nyemil di malam hari nggak, Bela?

5. Biasakan menggunakan tangga daripada elevator atau eskalator

Bukan Kurus atau Gemuk, Begini Loh Cara Pastikan Tubuhmu IdealShutterstock.com/kittirat roekburi

Nah, untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentu juga didukung dengan beberapa aktivitas sehari-hari, Bela. Coba deh lebih banyak melakukan gerak pada tubuh daripada berdiam diri. Salah satu contohnya adalah dengan lebih sering menggunakan tangga dibandingkan menggunakan eskalator dan elevator saat berada di kantor atau di mall. Walau terlihat sederhana, aktivitas ini ternyata bisa meregangkan otot yang tegang loh.

Nah, itu tadi 5 rahasia untuk menjadi orang yang lebih sehat dengan tubuh yang ideal. Jadi, kamu mau mulai dari yang mana nih, Bela?