"Tepung tapioka dan tepung kanji, sama atau beda, sih?"

Jika kalian dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, kalian tidak perlu khawatir, ya. Sebenarnya, kedua tepung tersebut sama, hanya namanya saja yang membedakan.

Tepung tapioka atau kanji terbuat dari sari pati singkong atau ketela pohon. Tepung ini populer karena sebagai bahan alternatif bebas gula dibanding tepung gandum maupun biji-bijian lainnya.

Kalian punya tepung tersebut di rumah, tapi bingung mau dibikin apa? Di sini Popbela rangkum beragam informasi seputar tepung tapioka atau kanji yang bisa kalian ketahui lebih dalam. Yuk, simak artikel ini!

Mengenal tapioka atau kanji

Tepung Tapioka dan Tepung Kanji Beda? Cek di Sini, Yuk!Laman www.resepkoki.id

Sari pati singkong sebagai bahan dasar pembuatan tepung ini relatif mudah tumbuh dan sebagai makanan pokok di beberapa negara Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

Tapioka atau kanji yang hampir terbuat dari sari pati murni ini memiliki nilai nutrisi yang sangat terbatas. Meskipun begitu, tepung ini bebas gula secara alami sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti gandum untuk orang-orang yang tengah melakukan diet bebas gula.

Kegunaan tepung tapioka atau kanji

Tepung Tapioka dan Tepung Kanji Beda? Cek di Sini, Yuk!Pexels.com/RODNAE Productions

Tapioka atau kanji memiliki banyak kegunaan sebagai berikut.

  • Untuk roti bebas gandum dan gula. Tepung tapioka atau kanji bisa digunakan untuk beberapa resep membuat roti, meskipun masih ada yang dicampur dengan tepung lainnya.
  • Untuk roti pipih (flatbread).Tepung ini juga sering digunakan untuk pembuatan roti pipih di beberapa negara. Dengan toppings yang berbeda, roti pipih bisa dinikmati untuk sarapan, makan malam, ataupun makanan pencuci mulut.
  • Untuk puding dan dessert. Olahan tepung tapioka atau kanji biasa dijadikan sebagai puding hingga topping tambahan untuk minuman bubble tea.
  • Sebagai pengental makanan.Tepung ini bisa digunakan untuk pengental olahan sup maupun pembuatan saus. Selain murah harganya, tapioka atau kanji tidak mempunyai rasa sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai pengental makanan.

Makanan yang menggunakan tepung tapioka atau kanji

Tepung Tapioka dan Tepung Kanji Beda? Cek di Sini, Yuk!Berbagai sumber

Dari tepung tapioka atau kanji, kalian bisa membuat berbagai macam olahan makanan yang enak dan legit. Berikut ini makanan yang menggunakan bahan dasar tepung tapioka atau kanji, akan tetapi ada sebagian yang memakai tepung lain sebagai tambahannya.

  • Olahan aci (cilor, cilung, cimol, cilok, dan lain-lain)
  • Cenil
  • Telur gabus
  • Kue lapis
  • Kue cucur
  • Bola ubi
  • Bolu tapioka

Itulah informasi seputar tepung tapioka atau kanji, jadi kalian tidak perlu bingung lagi untuk mengolah tepung dari sari pati singkong ini. Dari deretan makanan tersebut, ada yang membuat kalian tertarik untuk membuatnya? Semoga cocok rasanya, ya, Bela!

Baca Juga: 7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyal

Baca Juga: Roti Ketawa, Oleh-oleh Khas Pematang Siantar 

Baca Juga: Resep Roti Kopi a la Roti'O, Aromanya Menggoda Banget!