Sudah menjadi turun-menurun setiap hari raya Idul Adha semua orang menantikan daging sapi dan kambing untuk disantap bersama keluarga besar. 

Pada umumnya daging sapi ketika dimasak tidak memerlukan cara yang rumit atau perlakuan khusus, sebaliknya kalau daging kambing menwajibkan kamu untuk memasaknya dengan benar sebab jika tidak, maka daging akan alot dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Jika kamu senang memasak kambing di rumah, namun masih sering kebauan ataupun gagal fatal dalam membuatnya, kamu bisa menyimak bagaimana cara memasak daging kambing agar tidak bau dan empuk, di bawah artikel ini, ya!

1. Buang lemak pada daging kambing

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukChomps.com

Aroma prengus memang sulit dihilangkan sebab berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging kambing. Oleh sebab itu, kamu diharuskan untuk buang lemaknya dengan mengiris pakai pisau, agar gampang memotongnya, dinginkan daging terlebih dahulu dalam lemari es ya, jika lemak sudah beku kamu bisa langsung mengirisnya pelan-pelan.

2. Jangan pernah mencuci daging

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukMashed.com

Sebagian orang yang masih awam, menganggap bahwa daging sehabis kurban harus dicuci agar menghilangkan darah dengan cepat. Namun hal tersebut salah fatal, sebab jika kamu tetap mencuci bersih daging sebelum dimasak, tekstur daging kambing akan jadi lebih alot atau tidak empuk bahkan bau amis prengus semakin terasa dan kuat.

3. Kalau telanjur mencucinya, rebus daging kambing dengan rempah-rempah

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukBlog.liebherr.com

Sebaiknya kalau kamu sudah telanjur mencuci daging, kamu langsung merebus daging di panci dengan air yang secukupnya kemudian campurkan rempah-rempah yang kamu potong kecil-kecil berbau harum seperti daun jeruk, serai, jahe, dan kemangi. Biar aroma prengus hilang dan tetap empuk.

4. Taburi garam

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukFuriousGrill.com

Untuk menetralkan bau daging kambing kamu bisa taburi garam secukupnya dan merata. Setelah kamu taburi, diamkan terlebih dahulu selama 1 jam baru cuci kembali daging kambing sebelum diolah dan bisa langsung dimasak bersama bumbu lainnya.

5. Lumuri dengan nanas

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukHuangKitchen.com

Getah nanas berfungsi untuk melunakkan daging kambing agar empuk dan tidak alot. Percaya atau tidak, nanas juga bisa membantu menghilangkan bau daging kambing. Cukup mudah kok caranya, kamu bisa taruh daging di mangkok kemudian parut nanas hingga halus dan campurkan parutan nanas dengan daging kambing. Setelah itu, kamu diamkan setengah jam ya, Bela.

6. Selain buah nanas, kamu bisa pakai buah pir

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukPears.com

Buah pir dikenal dengan rasanya yang manis kemudian sering dikonsumsi banyak orang, selain itu bisa menurunkan risiko diabetes dan kanker.

Pir juga bisa bikin empuk pada daging kambing. Umumnya di daerah Barat penggunaan buah pir lebih sering dibandikan nanas. Caranya sama seperti nanas ya. Hanya dicampurkan dan diamkan selama setengah jam.

7. Bungkus dengan daun pepaya

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan EmpukPushcart.com.sg

Tahap terakhir kamu bisa manfaatkan daun papaya dekat rumah untuk melembutkan daging dan mengatasi bau tak sedap. Bungkus daging kambing mentah dengan daun papaya ya, kalau kamu susah menemukan, kamu bisa pakai daun jambu.

Itulah tips dan cara memasak daging kambing agar tidak bau dan empuk. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 7 Cara Mengolah Daging Sapi Supaya Lebih Lunak dan Lembut

Baca Juga: Biar Nggak Bosan, Resep Sate Kambing Goreng Ini Bisa Jadi Alternatif

Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Bau Daging Kambing