Penggorengan anti lengket sangat cocok untuk memasak telur dan menu lainnya. Namun ketika sudah sering terpakai, lapisan anti lengket dapat tergores hingga akhirnya terlepas akibat gesekan dari spatula maupun alat lainnya. Jika sudah seperti ini, saatnya mengganti yang lama atau rusak dengan membeli yang penggorengan anti lengket yang baru.

Kebingungan yang muncul saat membeli penggorengan baru adalah, memilih yang mahal atau yang murah? Ada penggorengan anti lengket yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau, namun ada pula varian dari merk lainnya dengan harga fantastis. Apa perbedaan di antara keduanya? Mana yang harus kamu beli? Melansir dari Huffington Post, ini perbedaan antara penggorengan anti lengket yang mahal dengan yang murah.

1. Desain yang berbeda

Beli Mahal atau Murah? Ini Panduan Membeli Penggorengan Anti LengketPexels.com/Engin Akyurt

Sekilas melihat, penggorengan anti lengket mahal dan murah memiliki bentuk yang sama, fungsi yang sama. Namun sebenarnya, ada sedikit perbedaan di antara keduanya, Bela. Penggorengan anti lengket dengan harga mahal memiliki kualitas desain yang terlihat. Misalnya, penggorengan dengan bagian bawah yang lebih tebal, mampu menahan panas lebih baik ketimbang penggorengan dengan bagian bawah yang lebih tipis. Selain itu, kualitas pegangan penggorengan juga berbeda tergantung harga yang ditawarkan.

Bentuk penggorengan serta ukuran asli permukaan untuk memasak juga patut diperhatikan. Umumnya, diameter penggorengan diukur dari pinggiran satu ke pinggiran lainnya dan juga melihat dari cekungannya.

2. Bahan anti lengketnya

Beli Mahal atau Murah? Ini Panduan Membeli Penggorengan Anti LengketPexels.com/Engin Akyurt

Bahan yang umum digunakan untuk penggorengan anti lengket adalah polytetrafluoroethylene atau biasa dikenal dengan nama teflon. Lalu, ada juga keramik, cast iron, serta besi karbon. Tiap-tiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, seperti teflon yang cukup kontroversial dan tiga bahan lainnya yang kurang memberikan pengalaman masak yang menyenangkan.

Sebagian mengatakan jika materi keramik lebih baik daripada teflon karena mampu memasak lebih cepat. Namun, keramik nggak selicin teflon sehingga mungkin dapat menyulitkan sebagian orang. Ada pun cast iron merupakan mater anti lengket yang cukup baik jika selalu dirawat dengan baik. Besi karbon juga memiliki permukaan yang lebih halus dan cukup anti lengket.

3. Nggak semua bahan anti lengket sama

Beli Mahal atau Murah? Ini Panduan Membeli Penggorengan Anti LengketPexels.com/Cottonbro

Lapisan anti lengket akan selalu mengelupas atau rusak seiring berjalannya waktu dan penggunaannya, baik itu teflon maupun keramik. Kunci perbedaan antara bahan anti lengket yang premium dan terjangkau adalah banyaknya lapisan yang diaplikasikan dan teknik mengaplikasikannya pada saat pembuatan penggorengan. Permukaan dengan lapisan anti lengket premium akan menambah harga suatu produk.

4. Harga nggak menjamin kualitas

Beli Mahal atau Murah? Ini Panduan Membeli Penggorengan Anti LengketPexels.com/Pixabay

Membaca dari beberapa poin di atas, tentu kamu akan berpikir jika penggorengan lebih mahal memiliki kualitas lebih baik? Bisa ya, bisa juga tidak, Bela. Kembali lagi, ketika memilih penggorengan, kamu perlu mempertimbangkan desain, bahan, serta kualitas. Harga murah nggak selalu menandakan produk itu berkualitas rendah, begitupun sebaliknya. Namun jika ingin menjadikan penggorengan sebagai aset dapur yang tahan lama serta memikirkan kesehatan menu yang kamu masak, sudah pasti yang patut kamu pertimbangkan adalah kualitas barang sebelum melihat harga.

5. Merawat penggorengan agar lebih awet

Beli Mahal atau Murah? Ini Panduan Membeli Penggorengan Anti LengketPinterest.com/Buzzfeed

Seberapa banyak uang yang kamu habiskan untuk membeli penggorengan, usianya nggak akan panjang jika kamu nggak merawatnya dengan baik, lho. Karena itu, mulai menggunakan dan merawat penggorengan anti lengket dengan benar. Hal pertama yang perlu kamu ingat adalah:

  • Jangan menggosokkan peralatan masak besi pada permukaan penggorengan karena hal itu dapat menyebabkan abrasi.
  • Jika menempatkan penggorengan dengan berbaris rapi, tempatkan handuk di antara mereka untuk mencegah lapisan anti lengketnya tergores permukaan penggorengan lainnya. 
  • Pada saat membersihkannya, gunakan busa yang lembut dan banyak sabunnya.
  • Cara lainnya adalah dengan menuangkan minyak sayur ke penggorengan sebelum memasak jika lapisan terlihat agak kering. Kamu nggak perlu memanaskannya sampai mendidih, namun cukup menghangatkannya, membersihkannya dengan sedikit minyak dan paper towel, lalu bersihkan permukaan secara keseluruhan. 

Cara ini dapat membantu lapisan anti lengket pada penggorengan menjadi lebih awet.

Jadi, ketika ingin membeli penggorengan anti lengket yang baru, pastikan untuk melakukan riset pada kualitas, desain, dan bahan anti lengket yang digunakan. Akan sangat beruntung jika kamu mendapatkan penggorengan anti lengket dengan kualitas bagus dan harga yang cukup terjangkau. 

Setelah membeli penggorengan anti lengket, jangan lupa untuk merawatnya sebaik mungkin, sehingga penggorengan tersebut dapat bertahan lama di dapurmu.

Baca Juga: Jangan Beli Baru, Ini 3 Cara Memperbaiki Teflon Berkarat

Baca Juga: 10 Rekomendasi Peralatan Dapur Unyu yang Ternyata Berguna

Baca Juga: Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih Fungsional