Rice cooker, yang biasa digunakan untuk memasak nasi, rasanya sudah menjadi piranti dapur serba bisa, ya? Memang sebenarnya, sebagian merek merancang rice cooker untuk membantu lebih sekadar memasak nasi, yaitu dapat menghangatkan nasi maupun makanan lainnya, memasak sup, mengukus, dan sebagainya. Namun tahu nggak kalau sebenarnya, kamu bisa memasak beragam menu hanya dengan rice cooker?

Apa saja menu yang bisa kamu masak hanya dengan menggunakan rice cooker? Lalu, bagaimana resep dan cara membuatnya? Melansir dari Huff Post, coba cek daftar menunya di bawah ini!

1. Chicken Noodle Soup/Sup ayam

Cukup dengan Rice Cooker, Kamu Bisa Sajikan 6 Menu Internasional Ini!Pexels.com/Navada Ra

Siapa di sini yang nggak suka sup ayam? Ini adalah resep klasik yang pasti tersaji di meja makan, ya? Untuk sebagian orang, sup ayam juga menjadi makanan spesial yang mengingatkan masa kecil mereka yang hangat. Kamu juga memiliki kenangan yang sama?

Kamu bisa memasak sup ayam di rice cooker, Bela. Cara memasaknya pun sederhana. Pilih fungsi menumis atau 'sauté' untuk melembutkan bahan sayuran untuk sup. Jika sudah cukup lembut, tambahkan ayam dan air, lalu masak sup menggunakan fungsi 'pressure cooker' selama 20-30 menit. Setelah matang, pindahkan ke dalam mangkok dan sajikan dengan irisan cilantro dan perasan air jeruk nipis.

2. Yogurt

Cukup dengan Rice Cooker, Kamu Bisa Sajikan 6 Menu Internasional Ini!Pexels.com/Life of Pix

Siapa sangka kalau kamu bisa membuat yogurt dengan menggunakan rice cooker? Prosesnya memang lama, namun ternyata lebih cepat ketimbang membuatnya menggunakan kompor. 

Ketika membuat yogurt dengan kompor, kamu akan kesulitan menentukan suhu panas dan waktu memasaknya. Belum lagi, proses memasak yang lama itu harus dilanjutkan dengan mendinginkannya ke dalam kulkas agar dapat dinikmati dengan lebih lezat. 

Dengan rice cooker, kamu dapat memilih suhu panas dan waktu yang tepat untuk memproses yogurt. Kamu pun dapat menikmatinya dengan lebih cepat! Jangan lupa tambahkan buah-buahan agar lebih lezat!

3. Vegan Wild Rice dan Mushroom Soup

Cukup dengan Rice Cooker, Kamu Bisa Sajikan 6 Menu Internasional Ini!Instagram.com/Myquietkitchen

Kamu suka sup jamur? Kini kamu bisa memasaknya dengan mudah menggunakan rice cooker. Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan bahannya, seperti wortel, bawang merah, seledri, butternut squash, bawang putih, jamur, wild rice dan vegetable stock

Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker dan masak dalam suhu panas tinggi selama 40 menit. Lalu dalam rice cooker yang lain, panaskan susu kacang hingga mendidih dan tambahkan bumbu jamur serta nutritional yeast, aduk hingga larut. Tambahkan dan aduk tepung jagung untuk mengentalkan teksturnya. 

Setelah selesai, campurkan dengan sup yang sedang dimasak. Kamu bisa menambahkan potongan kale dan bumbu untuk memperkuat rasanya.

4. Daging Rebus

Cukup dengan Rice Cooker, Kamu Bisa Sajikan 6 Menu Internasional Ini!Instagram.com/Returncafemeal

Bisakah merebus daging dalam rice cooker? Tentu bisa! Siapkan daging mentah dan air, dan bumbui dengan rempah-rempah, minyak wijen, merica, gula merah, dan bubuk cabe. 

Masak dalam suhu panas yang tinggi sekitar 40 menit hingga daging menjadi empuk. Sajikan dengan nasi dan potongan daun bawang. Kamu sudah bisa menikmati menu daging rebus secara instan!

5. Chili

Cukup dengan Rice Cooker, Kamu Bisa Sajikan 6 Menu Internasional Ini!Instagram.com/Delscookingtwist

Bukan, bukan cabe, kok, Chili merupakan menu klasik yang menjadi santapan masyarakat luar negeri, terutama Negara Barat. Untuk membuat menu Chili ini, kamu membutuhkan minyak zaitun, bawang putih, paprika merah, daging cincang, bumbu taco, pasta tomat, jinten, bubuk cabai chipotle, garam, sedikit tepung, kacang merah, irisan tomat, dan beef stock

Masukkan semua bahan dan tumis di dalam rice cooker dengan suhu panas. Mudah, dan kamu pasti akan ketagihan untuk membuat menu ini saat cuaca dingin.

6. Olahan kacang

Cukup dengan Rice Cooker, Kamu Bisa Sajikan 6 Menu Internasional Ini!Pexels.com/Fiatest_ph

Seorang juru masak asal New York mengatakan kalau memasak dengan rice cooker dapat mempersingkat waktu tanpa mengurangi kualitas rasa dan tekstur. Ia mengaku senang memasak olahan kacang (beans) menggunakan rice cooker karena nggak harus merendam kacang kering sebelum memasaknya. 

Umumnya, kamu membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk memasak kacang. Namun, rice cooker dapat mempersingkat waktu hanya menjadi 10 menit. Keren, bukan?

Itulah beberapa menu yang bisa kamu masak dengan menggunakan rice cooker. Tentunya, masih ada banyak lagi menu lainnya yang dapat dimasak menggunakan piranti dapur tersebut. Apa menu favoritmu yang dapat dimasak menggunakan rice cooker, Bela?

Baca Juga: 10 Menu Hidangan Utama Ini Hanya Butuh Rice Cooker untuk Membuatnya