Untuk sebagian orang, kopi adalah minuman yang mampu membuatnya bersemangat terus sepanjang hari. Sebagian lainnya menganggap kalau kopi adalah bagian dari hidupnya yang nggak dapat dipisahkan. Ada beberapa orang yang menganggap kopi hanyalah minuman pahit semata, yang nggak lebih pahit dari kenyataan hidup. Kalau kamu, sebagai penikmat secangkir panas atau segelas dingin kopi, apa makna minuman kafein ini bagimu?

Ada banyak jenis minuman kopi yang tersedia di kafe manapun, dan masing-masing di antaranya mengungkapkan makna kepribadian berbeda, lho! Boleh jadi, minuman kopi yang sering kamu pesan mewakili gambaran dirimu yang sebenarnya. Melansir dari Little Things, ini arti kepribadian yang tersembunyi dari minuman kopi pesananmu.

1. Espresso

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi FavoritmuUnsplash.com/Nathan Dumlao

Penikmat si pekat espresso? Artinya kamu merupakan seseorang yang memiliki bakat sebagai pemimpin. Kamu adalah tipe "Work hard, play hard" dalam hidupmu. Penikmat espresso umumnya cenderung menyelesaikan urusan yang ia hadapi dengan tuntas. Sifat kepemimpinanmu pun menginspirasi banyak orang di sekitar. Selain itu, biasanya orang yang menyukai espresso lebih suka berhadapan langsung dengan inti permasalahan ketimbang basa-basi.

2. Double espresso

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi FavoritmuUnsplash.com/Nathan Dumlao

Double shot espresso sebagai minuman favoritmu? Artinya kamu orang yang percaya dengan logika, bekerja dengan sangat praktis, dan senang berimajinasi. Laiknya penikmat single shot espresso, kamu pun tipe pekerja keras. Namun, kamu dapat bekerja lebih baik jika mendapatkan arahan yang jelas dari orang lain. Kamu pun membutuhkan sedikit tambahan espresso untuk menjagamu tetap bersemangat dan dapat menjalani hari sesuai rencana. Karena itu, kamu sering memesan double shot espresso.

3. Latte

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi Favoritmu

Sebagai orang yang senang memesan latte, kamu sebenarnya kesulitan dalam membuat atau menentukan keputusan. Kamu lebih suka mengikuti orang lain sehingga nggak perlu berpikir terlalu rumit untuk membuat pilihan. Faktanya, kamu merupakan tipe kepribadian yang reflektif, lebih memilih membiarkan imajinasimu untuk mempertimbangkan semua pilihan dengan santai. Lalu, penikmat latte juga merupakan tipe orang yang senang dengan kenyamanan.

4. Capuccino

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi FavoritmuUnsplash.com/Nathan Dumlao

Orang yang gemar memesan capuccino menandakan kalau dirinya merupakan pribadi yang modern. Gayanya selalu mengikuti tren terbaru. Selain itu, penikmat capuccino juga nggak terlalu senang membuat humor yang terkesan rendah. Mereka cenderung menjaga semua dalam hidupnya terlihat berkelas. Orang yang suka jenis minuman kopi ini pun memiliki pikiran yang kreatif dan mudah bergaul dengan siapa saja, menjadikannya sebagai teman baik untuk orang-orang yang mengenalnya.

5. Frappuccino

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi FavoritmuUnsplash.com/Nathan Dumlao

Kamu yang senang dengan minuman kopi jenis frappuccino menandakan kalau dirimu memiliki kepribadian yang senang bertualang. Kamu lebih suka dengan hal-hal yang nggak terencana dan berusaha menikmati hidup pada saat itu. Pada dasarnya, kamu adalah orang yang bahagia dan energi positif yang terpancar dari dalam dirimu membuatmu mudah bergaul dengan siapa saja.

6. Iced coffee

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi FavoritmuUnsplash.com/ohmky2540

Lebih suka es kopi ketimbang kopi panas? Tandanya kamu adalah orang yang tegas, dan nggak suka dengan drama. Kamu merasa sangat percaya diri dalam mengeluarkan pendapatmu dan menganggap dirimu sebagai trendsetter. Sebagai penikmat minuman es kopi yang kekinian ini, kamu pun dapat mengendalikan perasaanmu.

7. Black coffee

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi Favoritmuunsplash.com/Cyril Saulnier

Seperti black coffee yang selalu dipesan, kamu adalah tipe kepribadian yang memiliki gaya hidup minimalis. Ketimbang memikirkan aksesori dan model baju terbaru, kamu lebih suka gaya berpakaian yang sesuai dengan kenyamanan dirimu. Selain itu, penikmat black coffee cenderung diam dan rentan mengalami mood swing. Namun, kepribadianmu yang tegas dan nggak suka basa-basi ini membuatmu dikelilingi banyak teman.

8. Regular coffee, cream and sugar

Arti Kepribadian yang Tersembunyi di Balik Kopi FavoritmuUnsplash.com/@talesbyjen

Menyukai kopi reguler yang terdiri dari komposisi kopi, cream, dan gula? Artinya kamu memiliki dua kepribadian. Di satu sisi, kamu adalah pribadi yang terorganisir. Namun di sisi lain, kamu terkadang ceroboh dan berantakan. Setiap harinya, kamu selalu menemukan cara untuk menjaga keharmonisan antara kedua sisi, baik yang mengutamakan logika berpikir dan kreativitas.

Tanpa disadari, kopi yang telah menjadi bagian dari hidupmu, menyembunyikan makna yang dapat menyingkap kepribadianmu. Jadi, apa minuman kopi favoritmu, Bela? Coba lihat arti kepribadiannya di sini!

Baca Juga: Cari Tahu Soal Kopi Lewat Film Ini

Baca Juga: 3 Resep Kopi Kekinian yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Baca Juga: Jangan Dibuang! Olah Ampas Kopi Jadi 7 Benda Bermanfaat Ini