Siapa yang ingin bisa masak seperti MasterChef? Rasanya, banyak yang ingin memiliki kemampuan keren ini, ya? Nggak hanya sekadar memasak, tetapi dapat mengolah bahan-bahan makanan yang ada menjadi sebuah sajian baru penuh cita rasa. 

Menguasai kemampuan masak a la masterchef nmemnag tidak mudah. Namun, kamu dapat mengasah keahlian ini dengan berani mencobanya di dapur sendiri. Mau coba? Persiapkan peralatan dan perlengkapan dapurmu! Melansir dari Cheat Sheet, ini resep masakan a la MasterChef yang bisa kamu coba.

1. Beef Wellington

A La MasterChef! Ini 3 Resep yang Dapat Kamu Coba di Rumahcooking.nytimes.com

Mengolah Beef Wellington bukan perkara mudah. Bahkan di sebuah epidode MasterChef US, Gordon Ramsay pernah membuang Beef Wellington milik salah satu peserta, karena tingkat kematangan daging yang kurang tepat. Mumpung Gordon tidak di depan mata, coba sendiri saja, yuk!  Kamu membutuhkan:

  • 1,13 kg daging tenderloin
  • 2 sdm butter dilembutkan
  • 2 sdm butter
  • 1 bawang bombay dipotong
  • 1/2 gelas irisan jamur segar
  • 2 ons liver pâté
  • garam dan merica
  • 1 kemasan puff pastry beku, dilelehkan (17,5 ons)
  • 1 butir kuning telur dikocok
  • 1 kaleng beef broth (10,5 ons)
  • 2 sdm red wine

Langkahnya: 

Panaskan oven hingga 425 derajat Farenheit. Lalu, tempatkan daging secara menyebar di sebuah loyang dengan 2 sdm butter yang telah dilembutkan. Panggang selama 10-15 menit, atau sampai kecokelatan. Angkat dari loyang dan dinginkan. Simpan cairan yang tersisa di loyang. Ambil teflon dan lelehkan 2 sdm butter dengan tingkat panas medium, kemudian tumis bawang bombay dan jamur selama 5 menit. Setelah selesai, angkat dan dinginkan.

Campurkan pâté dan 2 sdm butter dilembutkan, lalu tambahkan garam dan merica. Oleskan pâté di atas daging, lalu taruh campuran bawang bombay dan jamur. Buka gulungan puff pastry dan taruh daging di tengahnya. Lipat dan rapatkan seluruh sisi, pastikan sisi-sisinya nggak terlalu tebal. Letakkan daging di dalam loyang berukuran 9 x 13 inchi, buat irisan sedikit pada atas adonan puff, dan lapisi dengan kuning telur.

Panggang dengan suhu 450 derajat farenheit selama 10 menit, lalu kurangi suhunya ke 425 derajat selama 10-15 menit atau sampai pastry berwarna keemasan. Biarkan sampai suhu makanan berubah menjadi hangat. Tuangkan sisa cairan panggangan sebelumnya di teflon dengan suhu panas tinggi. Lalu, aduk beef stock dan red wine, rebus selama 10-15 menit atau sampai terlihat berkurang. Tuangkan, dan sajikan dengan daging. Resep ini dapat kamu sajikan untuk porsi 8 orang.

2. Steak dengan Drunken Mushroom, Caramelized Onion, dan Roasted Blue Cheese Potatoes

A La MasterChef! Ini 3 Resep yang Dapat Kamu Coba di RumahPexels.com/Lukas

Setidaknya kamu perlu tahu satu-dua resep steak yang dapat kamu sajikan ketika ada kumpul keluarga dadakan. Resep steak dengan drunken mushroom, caramelized onion, dan kentang panggang blue cheese ini cukup mudah dan cepat! Bahan-bahannya:

  • 20 kentang manis, cuci bersih dan bagi dua
  • garam dan merica baru dihaluskan
  • minyak zaitun
  • 2 ons blue cheese, hancurkan
  • 2 sweet red onion atau yellow sweet onion, kupas dan iris
  • 12-15 jamur kancing besar, iris
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 12 ons dark beer
  • 2 steak yang tebal

Langkahnya: 

Panaskan oven dengan suhu 425 derajat Farenheit. Masukkan kentang dengan garam dan minyak zaitun ke dalam loyang panggang atau loyang besi. Panggang dengan suhu yang sama selama 20-30 menit. Tumis bawang, garam dan minyak zaitun secukupnya pada wajan dengan suhu panas sedang. Buat bawang hingga menjadi karamel, dan taruh di piring setelah selesai. Masih dengan wajan yang sama, masukkan jamur, bawang putih, dan beberapa sendok makan minyak.

Aduk hingga jamur terlapisi dengan rata. Diamkan dalam suhu panas sedang-tinggi selama 5 menit, dan tambahkan setengah bir. Lanjutkan mengaduk jamur sampai tingginya berkurang dari level air dari wadah penggorengan. Tambahkan bawang yang telah terkaramel ke wajan dan sisa bir. Lanjutkan mengaduk dengan suhu panas sedang hingga saus berkurang dan mengental, sekitar 6-10 menit.

Amati saus agar nggak berubah menjadi pasta. Angkat dari kompor dan diamkan. Ambil wadah memasak lainnya, seperti wajan atau panci besi. Taruh di atas api dengan suhu panas tinggi, lalu tuangkan 2 sendok makan minyak. Masukkan daging steak dan bumbui pada sisi atas dengan garam dan merica. Masak selama 4,5 menit lalu balikkan. Bumbui sisi satunya lagi dan masak selama 4,5 menit lagi.

Angkat dari wajan dan diamkan. Tutupi dengan alumunium foil di atas talenan. Periksa kentang. Jika bagian atasnya berwarna cokelat dan lembut, angkat dan taburkan blue cheese pada atasnya. Tempatkan kembali ke dalam oven dan panggang selama 5 menit. Panaskan kembali jamur dan bawang dan taruh di atas steak. Ambil kentang dari oven dan taruh di piring, lalu sajikan!

3. Boiled Lobster

A La MasterChef! Ini 3 Resep yang Dapat Kamu Coba di RumahPexels.com/HM Grand Central Hotel

Senang makan lobster di restoran? Kamu bisa membuatnya sendiri a la MasterChef di rumah, Bela! Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • 2-3 sdt garam
  • 4 lobster hidup (berat masing-masing sekitar 0.6-0.7 kg)
  • Setengah gelas lelehan butter
  • Irisan lemon

Langkahnya: 

Isi panci besar dengan air mencapai setengah wadahnya. Tambahkan garam dan rebus hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, masukkan lobster dengan kepala terlebih dahulu. Tutup panci dengan erat dan panaskan air dengan api suhu panas. Lalu, kurangi turunkan panas ke suhu sedang.

Masak lobster selama 12-18 menit hingga warna cangkang berubah menjadi merah menyala dan daging ekor menjadi lebih kokoh serta jelas. Angkat lobster dari air dan keringkan. Taruh dengan bagian bawah menghadap ke atas pada tempat yang rata, cengkram erat dan bagi panjang ekor sama rata dengan pisau besar. Keringkan dari cairan yang tersisa. Terakhir, sajikan dengan mentega leleh dan irisan lemon. Perlu waktu 25 menit untuk menyajikan menu masakan lobster ini untuk porsi 4 orang.

Resep ini cocok untuk para pecinta masak yang ingin menyajikan hidangan spesial di hari istimewa. Cobain, yuk!

Baca Juga: Resep Es Kopi Susu Lotus Biscoff, Bisa Jadi Ide Jualan, lho!