Minuman boba menjadi menu minuman paling populer sepanjang tahun 2019. Well, siapa yang nggak suka dengan minuman dengan bola-bola tapioka yang kenyal dan manis ini? Bubble boba yang tenggelam dalam larutan susu, kemudian disiram dengan tambahan sirup gula merah. Wah... membayangkannya saja mendadak haus, ya, Bela?

Tapi, sebenarnya kamu tahu nggak, sih, sejarah boba ini? Dari mana ia berasal? Siapa penemu boba? Seperti apa menu minuman boba pertama di dunia? Kok, boba ini bisa jadi sangat hype seperti sekarang? Kamu belum jadi pecinta boba sejati kalau belum tahu sejarahnya! Melansir dari Food and Wine, ini sejarah minuman boba yang menarik!

1. Minuman Boba berasal dari Taipei

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaUnsplash.com/Alex Boyd

Faktanya, budaya minum boba ini berawal dari sekitar akhir tahun 1980-an dan diyakini berasal dari Taipei. Di kota tersebut, teh susu atau milk tea telah menjadi minuman terkenal. Pada saat itu, es serut dan bola tapioka pun sudah menjadi menu pencuci mulut yang populer. Terutama pada saat musim panas yang terik, penjual makanan biasanya memadukan tiga jenis menu menjadi satu hidangan, yakni milk tea, es serut, dan bola tapioka. Penyajiannya sendiri dimulai dengan meletakkan bola tapioka pada bagian bawah wadah, kemudian lapisan es serut, dan diakhiri dengan milk tea yang mengisi keseluruhan wadah.

2. 'Boba' berasal dari bahasa slang China

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaId.pinterest.com/timeouteverywhere

Minuman yang memadukan milk tea, es serut, dan bola tapioka ini kemudian dikenal dengan nama boba. Tahu kenapa? Sebenarnya, nama 'boba' sendiri merupakan bahasa slang untuk  'dada' di China, yang menjadi referensi untuk bentuk bola tapioka yang bulat.

3. Berkembang menjadi banyak rasa

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaId.pinterest.com/drinksfeed

Menjadi menu minuman paling favorit, kreasi boba nggak hanya sampai di sini saja, Bela. Boba berkembang seiring berjalannya waktu dan menyebarnya menu itu di negara Taiwan. Banyak penjual makan memperkenalkan kreasinya sendiri, seperti ada yang menggunakan campuran bubuk dan sirup buah.

Lalu selain boba, banyak penjual yang menyediakan pilihan topping lain seperti grass jelly, almond jelly, pudding telur, dan kacang merah. Bahkan pada menu aslinya, ada penjual yang menawarkan pilihan krimer non-susu karena waktu penyimpanan yang tahan lama. Hasilnya, minuman boba ini memiliki cita rasa yang manis dan creamy.

4. Bagaimana cara membuat minuman boba?

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaId.pinterest.com/hoidaubepaau

Sebenarnya, membuat minumannya mudah, Bela. Hanya, bagian paling sulit dan penting adalah menyiapkan bola tapiokanya. Bersyukurlah karena sudah ada yang menjualnya bola tapioka dalam bentuk kering. Kamu tinggal merebusnya selama 30 menit dan mendinginkannya selama 30 menit.

Kelezatan minuman boba tergantung pada tekstur bola tapiokanya. Kalau terlalu squishy, bola-bola itu akan saling menempel dalam wadah. Kalau terlalu keras, akan susah untuk dikunyah. Bahkan, ada kata khusus dalam bahasa China yang digunakan untuk menunjukkan kesempurnaan tekstur bola tapioka, yaitu 'QQ' yang berarti kenyal.

5. Penyajian minuman boba

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaId.pinterest.com/honestlyyum

Setiap minumam boba disajikan dengan satu sendok bola tapioka, kemudian diikuti dengan teh atau jus yang mengisi wadah, lalu diakhiri dengan es yang banyak. Di masa kini, ada gelas plastik khusus untuk penyajian minuman boba dengan penutup plastik pada bagian atas, serta sedotan dengan diameter yang besar. Juga, banyak penjual boba menawarkan takaran gula dan teh yang dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli. Jadi, pembeli dapat menentukan tingkat kemanisan atau kadar susu minumannya sendiri.

6. Menjelajah dari Taiwan ke Amerika

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaId.pinterest.com/brit

Pada awalnya, minuman boba menjadi salah satu menu yang dijajakan oleh penjual di pasar malam di Taiwan, dan itu nggak selalu dapat ditemukan. Namun seiring berjalannya waktu, menu minuman ini jadi minuman yang selalu ada di pusat jajanan malam di negara itu. Baik itu dalam bentuk sajian aslinya, maupun kreasi lainnya.

Lalu mulai pada tahun 90-an, boba menjadi hype besar di Amerika Serikat, mengikuti perpindahan warga Taiwan ke negara adidaya itu serta tumbuhnya budaya nongkrong di kafe karena munculnya tempat seperti Starbucks.

7. Sempat meredup, dan menjadi tren lagi

7 Fakta tentang Sejarah Minuman BobaId.pinterest.com/weheartitapp/

Tren minuman boba ini sempat redup pada tahun 2000-an. Namun, kembali hidup ketika munculnya franchise seperti Boba Guys yang menawarkan minuman boba berkualitas terbaik dengan suasana tempat yang nyaman. Terlebih lagi, minuman seperti jus aloe dan coconut water dihidangkan dengan tambahan jeli sehingga membuat orang-orang akrab dengan minuman dengan topping kenyal.

Itulah sejarah singkat minuman boba yang menjadi minuman kekinian di tahun 2019. Ternyata, minuman boba telah ada sejak tahun 1980-an, ya! Seiring berjalannya waktu dan terbukanya penyebaran budaya antar-negara, minuman boba ini pun menjadi terkenal di negara lain, salah satunya Indonesia. Kamu juga suka dengan minuman boba, Bela?

Baca Juga: Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan