Momen Idul Fitri sudah di depan mata, dan salah satu yang paling dinanti adalah hidangan khas Lebaran! Sebagai negeri yang kaya akan budaya dan cita rasa, masing-masing daerah memiliki hidangan khas untuk disajikan di Hari Raya Idul Fitri agar dapat disantap keluarga besar. Bagaimana denganmu, apa hidangan khas Idul Fitri dari daerah atau kampung halaman yang selalu dimasak oleh keluargamu, Bela?

Sajian Lebaran yang umumnya dapat ditemukan di setiap rumah, nggak lain adalah opor ayam dan ketupat. Namun, penasaran nggak dengan makanan khas Idul Fitri yang disajikan dari Sabang sampai Merauke? Ya, Indonesia yang punya sejuta rempah memang membuat dunia kulinernya juga melimpah, tapi sadar nggak sih kalau makanan yang sering kita makan sehari-hari ini juga termasuk makanan khas Lebaran pula?

1. Semur Betawi-Jakarta

3 Menu Sehari-hari Ini Termasuk Makanan Khas Lebaran masakapahariini.com

Hidangan khas Idul Fitri yang paling terkenal di Jakarta adalah Semur Betawi. Terbuat dari potongan daging sapi yang sudah dilumuri campuran bumbu, dimasak dengan kuah kecap hingga asat (kuah menyerap ke dalam lapisan daging dan mengental). Biasanya, semur betawi disajikan dengan bencok yaitu kentang kering goreng dengan ebi halus. Kalau nggak suka pedas, sajian khas Betawi ini layak kamu coba!

2. Lodeh Terong-Pekalongan

3 Menu Sehari-hari Ini Termasuk Makanan Khas Lebaran unileverfoodsolutions.co.id

Kalau di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu akan menemukan terong hijau dalam sajian sayur mereka, salah satunya ada dalam hidangan khas Idul Fitri bernama Lodeh Terong. Pembuatan dan penyajiannya sama seperti sayur lodeh yang biasa kamu santap, kok. Bedanya, kamu menambahkan terong hijau di dalamnya, serta daun melinjo, dan irisan bunga kecombrang. Siram sayur ke atas irisan ketupat atau nasi putih, rasanya lezat sekali!

3. Kella Pate-Madura

3 Menu Sehari-hari Ini Termasuk Makanan Khas Lebaran Instagram.com/Iendahsari_83

Sajian Lebaran nggak selalu daging dan ayam saja, lho. Dari Madura, kamu akan mendapati sajian Lebaran bernama Kella Pate. Hidangan ini terbuat dari potongan daging ikan tenggiri yang digoreng, kemudian dimasak dengan kuah santan dan bumbu halus. Masukkan sayuran seperti irisan cabai dan belimbing, membuat Kella Pate semakin sedap! Biasanya, Kella Pate disantap bersama potongan lontong. Rasanya, mantap betul, Bela!

Apa makanan Lebaran khas daerah atau keluargamu, Bela? Coba share menu dan resepnya bersama teman-teman agar semakin banyak yang tahu kekayaan kuliner di Tanah Air sendiri!

Baca Juga: Ini Lho 8 Kue Kering Lebaran yang Pasti Ada di Rumahmu